Advertisement

Margomulyo Punya Rumah Pangan Beragam untuk Penanganan Stunting

Catur Dwi Janati
Kamis, 27 Juni 2024 - 22:47 WIB
Maya Herawati
Margomulyo Punya Rumah Pangan Beragam untuk Penanganan Stunting Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo (kanan) menyuapi seorang anak saat peluncuran Rumah Pangan B2SA di Margomulyo, Seyegan, Kamis (27/6). Istimewa - Dokumen Setda Sleman

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Untuk membantu meningkatkan gizi masyarakat dan menekan angka stunting, Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DP3) Sleman meluncurkan Rumah Pangan Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) di Kalurahan Margomulyo, Seyegan.

Penjabat Kepala DP3 Sleman, Suparmono, mengatakan implementasi kegiatan Rumah Pangan B2SA di antaranya mencakup penyusunan dan pengolahan menu pangan. Menu pangan B2SA akan disusun dengan potensi lokal untuk selanjutnya dibagikan kepada sasaran program. Masyarakat yang disasar dalam program ini meliputi ibu hamil dan anak yang terindentifikasi gizi buruk dan gizi kurang.

Advertisement

Kegiatan Rumah Pangan B2SA melibatkan TP PKK Kalurahan Margomulyo. Untuk menunjang program tersebut, diberikan bantuan alat pengolahan pangan kepada Tim Penggerak PKK Kalurahan Margomulyo. "Dalam pelaksanaannya, TP PKK membantu menyusun dan mengolah makanan beragam dan bergizi seminggu tiga kali yang diberikan kepada penerima manfaat," kata Suparmono, Kamis (27/6/2024).

BACA JUGA: PPDB SMA, Ini Daftar Nilai Terendah dan Tertinggi di Jogja

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, menerangkan Rumah Pangan B2SA merupakan program Badan Pangan Nasional untuk menerapkan pola konsumsi pangan beragam, bergizi seimbang, dan aman. Program ini diproyeksikan untuk meningkatkan kualitas konsumsi pangan masyarakat.

"Keberadaan program B2SA di Kalurahan Margomulyo ini tentu menjadi kesempatan kepada masyarakat untuk memperoleh edukasi dan makanan tambahan untuk memperbaiki kondisi gizinya," kata Kustini.

Menjadi salah satu daerah yang mendapatkan alokasi kegiatan Rumah Pangan B2SA di 2024, Kustini berharap program ini dapat membantu Pemkab Sleman dalam meningkatkan status gizi masyarakat, termasuk membantu pemerintah dalam upaya menurunkan angka stunting di Sleman.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ketua Umum Partai di Indonesia Paling Lama Menjabat: Ada Megawati hingga Prabowo

News
| Minggu, 30 Juni 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Mau Main Biliar Tetapi Tak Mau Keganggu Asap Rokok dan Vape, Coba ke Mille Billiards Saja

Wisata
| Rabu, 26 Juni 2024, 21:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement