Advertisement

Masa Jabatan 258 Anggota Badan Permusyawaratan Kalurahan di Sleman Resmi Diperpanjang

Catur Dwi Janati
Minggu, 30 Juni 2024 - 09:17 WIB
Ujang Hasanudin
Masa Jabatan 258 Anggota Badan Permusyawaratan Kalurahan di Sleman Resmi Diperpanjang Suasana pengukuhan BPKal pada Sabtu (29/6/2024) Pendopo Parasamya Pemkab Sleman. - Istimewa / Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Sleman

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN -- Sebanyak 258 Badan Permusyawaratan Kalurahan (BPKal) di Sleman resmi dikukuhkan Pemkab Sleman pada akhir Juni ini. Pengukuhan sekaligus perpanjangan masa jabatan ini diharapkan mampu memperkuat peran BPKal di lingkungan masyarakat. 

Pengukuhan dan Penyerahan Keputusan Bupati merupakan tindak lanjut dari ditetapkannya UU No.3/2024 tentang Perubahan Kedua atas UU No.6/2014 tentang Desa yang Menyatakan secara resmi masa jabatan Lurah diperpanjang dari enam tahun menjadi delapan tahun. Pada kesempatan ini Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengukuhkan dan menyerahkan secara langsung Surat Keputusan (SK) terkait perpanjangan masa jabatan BPKal menjadi dua tahun.

Dengan perpanjangan masa jabatan BPKal ini, Kustini berharap anggota BPKal dapat memperkuat perannya dalam menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat. BPKal lanjut Kustini diharapkan dapat mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik di tingkat kalurahan. 

Advertisement

"Berkenaan dengan hal ini saya harap perpanjangan masa jabatan ini anggota BPKal dapat memperkuat perannya dalam menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat serta mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik di tingkat kalurahan," tutur Kustini pada Sabtu (29/6/2024) Pendopo Parasamya Pemkab Sleman. 

BACA JUGA: Tak Hanya Lurah, Bamuskal di Sleman Juga Dapat Perpanjangan Masa Jabatan

Kepada anggota BPKal, Kustini mengimbau agar mereka dapat mendukung program Sleman dalam upaya pengentasan kemiskinan dan percepatan penurunan stunting. Anggota BPKal diharapkan Kustini dapat menjalin koordinasi dan bersinergi dengan perangkat kalurahan serta Lembaga Kemasyarakatan Kalurahan dalam mewujudkan keberhasilan pembangunan.

Dalam pemaksimalan kinerja, Kustini berpesan agar para Panewu bisa ikut mendampingi dan mengawal program-program pembangunan di kalurahan agar terarah pelaksanaannya. Pendampingan oleh Panewu juga dinilai dapat mengawal keselarasan antara program-program pembangunan dan bertanggung jawab penuh dalam memberikan manfaat kepada seluruh lapisan masyarakat.

"Dalam pelaksanaan tugas BPKal harus diiringi dengan integritas dan profesionalisme agar kegiatan pembangunan kalurahan dapat terlaksana dengan baik. Tugas ini tidak ringan, namun dengan niat tulus dan kerja keras saya yakin kita dapat membawa perubahan positif bagi Kabupaten Sleman," tegas Kustini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemiskinan di Jateng Turun 0,30 Persen, Pj Gubernur Jateng Minta Semua Pihak Tetap Bekerja Keras

News
| Senin, 01 Juli 2024, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement