Advertisement

Merapi Luncurkan Satu Awan Panas Arah Barat Daya, Masyarakat Tetap Diimbau Jauhi Sungai

Lugas Subarkah
Senin, 01 Juli 2024 - 15:07 WIB
Arief Junianto
Merapi Luncurkan Satu Awan Panas Arah Barat Daya, Masyarakat Tetap Diimbau Jauhi Sungai Erupsi Gunung Merapi - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Gunung Merapi teramati meluncurkan satu awan panas pada Senin (1/7/2024) pagi. Hingga saat ini aktivitas erupsi Gunung Merapi masih terus terjadi dengan sejumlah luncuran awan panas maupun guguran lava.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Agus Budi Santoso menjelaskan awan panas teramati pada pukul 07:47 WIB. “Dengan amplitudo 33 mm, durasi 109 detik, jarak luncur 1.000 meter ke arah barat daya atau Kali Bebeng,” katanya.

Advertisement

Pada hari yang sama dalam periode pengamatan sebelumnya, yakni pukul 00.00-06.00 WIB, teramati pula luncuran guguran lava sebanyak enam kali. “Teramati enam kali guguran lava ke arah barat daya, Kali Bebeng, dengan jarak luncur maksimum 1.600 meter,” ujarnya.

Sedangkan dalam pengamatan 24 jam pada Minggu (30/6/2024), terjadi sebanyak 17 kali guguran lava ke arah barat daya atau kali Bebeng, dengan jarak luncur maksimal 1.800 meter. Selain itu terdengar satu suara guguran dengan intensitas sedang dari Pos Babadan.

BACA JUGA: Sebaran Abu Erupsi Gunung Merapi Mencapai Radius 30 Kilometer

Dengan masih banyaknya aktivitas erupsi ini, masyarakat di sekitar lereng Gunung Merapi diimbau untuk menjauhi daerah bahaya yang direkomendasikan, meliputi Sungai Boyong sejauh maksimal 5 km, Sungai Bedog, Krasak, Bebeng sejauh maksimal 7 km. Pada sektor tenggara meliputi Sungai Woro sejauh maksimal 3 km dan Sungai Gendol 5 km.

“Data pemantauan menunjukkan suplai magma masih berlangsung yang dapat memicu terjadinya awan panas guguran di dalam daerah potensi bahaya. Masyarakat agar tidak melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Stok Darah PMI DIY Rabu 3 Juli 2024

Stok Darah PMI DIY Rabu 3 Juli 2024

Jogjapolitan | 3 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menteri Budi Arie Didesak Mundur Usai PDN Dibobol Hacker, Ini Respons Jokowi

News
| Rabu, 03 Juli 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement