Advertisement

Cegah Kecelakaan, Dishub Kulonprogo Tambah Rambu dan Perlengkapan Jalan

Triyo Handoko
Senin, 01 Juli 2024 - 14:27 WIB
Ujang Hasanudin
Cegah Kecelakaan, Dishub Kulonprogo Tambah Rambu dan Perlengkapan Jalan Pemasangan cermin tikungan di Taman Bina Kota, Kapanewon Kalibawang oleh petugas Dishub Kulonprogo untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan di wilayah tersebut, Senin (1/7 - 2024).

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Dinas Perhubungan (Dishub) Kulonprogo melakukan pengadaan perlengkapan jalan untuk melengkapi sarana guna mencegah kecelakaan di wilayahnya. Perlengkapan jalan yang ditambah Dishub itu antara lain pagar pengaman jalan sepanjang 100 meter, 10 cermin tikungan, dan ratusan rambu lalu lintas.

Perlengkapan jalan itu dibiayai APBD Kulonprogo 2024 senilai Rp500 juta. Penambahan perlengkapan jalan ini adalah program rutin Dishub Kulonprogo.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kulonprogo, Sukirno menjelaskan pada Senin (7/1/2024) bahwa pemasangan perlengkapan jalan ini dilakukan secara merata di seluruh wilayah Bumi Binangun. "Terutama untuk daerah yang tingkat kecelakaannya tinggi supaya mengantisipasi kejadian berulang," jelasnya.

Sukirno menyebut kebutuhan perlengkapan jalan di Kulonprogo cukup tinggi tapi anggarannya terbatas. Sehingga diberlakukan skala prioritas dimana pada 2024 ini kebanyakan perlengkapan jalan dipasang di daerah Perbukitan Menoreh.

BACA JUGA: Angkutan Desa Bakal Jadi Angkutan Sekolah, Sopir: Selama Ini Kami Tak Dapat Penghasilan

Advertisement

Kawasan Menoreh yang kondisi jalannya naik turun, jelas Sukirno, perlu diperbanyak perlengkapan jalan agar mencegah kecelakaan. "Kalau di Menoreh kebanyakan kami pasang pagar pengaman jalan, karena jalannya disana langsung berhadapan dengan tebing curam," ungkapnya.

Penentuan titik-titik yang dilakukan penambahan perlengkapan jalan, lanjut Sukirno, didasarkan pada kajian tingkat kecelakaan dan kondisi jalan yang ada. "Kami juga menganalisa data kecelakaan yang ada, termasuk menerima masukan masyarakat yang memberikan masukan untuk dipasang perlengkapan jalan," terangnya.

Pengadaan perlengkapan jalan ini masih terus berlangsung pemasangannya. Terbaru dilakukan pemasangan cermin tikungan di Taman Bina Kota, Kapanewon Kalibawang.

Kepala Bidang Lalu Lintas itu berharap perlengkapan jalan yang ada dapat dirawat dan dijaga masyarakat. "Jangan sampai malah dirusak, misalnya seperti cermin dicoret-coret sehingga tidak berfungsi lagi, ini mesti dijaga bersama untuk tujuan masyarakat juga," pungkasny.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Stok Darah PMI DIY Rabu 3 Juli 2024

Stok Darah PMI DIY Rabu 3 Juli 2024

Jogjapolitan | 3 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menteri Budi Arie Didesak Mundur Usai PDN Dibobol Hacker, Ini Respons Jokowi

News
| Rabu, 03 Juli 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement