Advertisement

BPBD Bantul: Kawasan Makam Raja Imogiri Masuk Dalam Wilayah Rawan Bencana

Stefani Yulindriani Ria S. R
Selasa, 02 Juli 2024 - 09:27 WIB
Abdul Hamied Razak
BPBD Bantul: Kawasan Makam Raja Imogiri Masuk Dalam Wilayah Rawan Bencana Calon lokasi Wisata Bukit Dermo di wilayah Kelurahan Selopamioro, Imogiri, Kabupaten Bantul. Antara / Hery Sidik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Ada lima ancaman bencana di Kawasan Makam Raja Imogiri yang menjadi catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul dalam penyusunan kajian risiko bencana di lokasi tersebut.

Sekretaris BPBD Bantul, Ribut Bimo Haryo Tejo menyampaikan bahwa tahun 2023 pihaknya telah menyusun kajian risiko bencana dan rencana kontijensi di Kawasan Makam Raja Mataram Imogiri.

Advertisement

BACA JUGA: Cek Lokasi Pemadaman Listrik Hari Ini di Jogja, Sleman, Gunungkidul dan Kulonprogo, Selasa 2 Juli 2024

Dari hasil kajian tersebut diketahui bahwa ancaman bencana di kawasan ini meliputi lima ancaman bencana, yaitu gempa bumi, tanah longsor, kebakaran lahan, cuaca ekstrem atau angin kencang, dan banjir. 

“Bencana tersebut mengancam 16 dusun di 3 Kalurahan, yaitu Kalurahan Wukirsari, Kalurahan Imogiri, dan Kalurahan Girirejo,” katanya, Selasa (2/7/2024).

Dia menuturkan BPBD Bantul bersama dengan masyarakat, perangkat desa, FPRB, TNI dan Polri ini menggelar gladi lapangan penanggulangan bencana tanah longsor di Kawasan Cagar Budaya Makam Raja Mataram Imogiri, di Balai Kalurahan Kedung Buweng beberapa waktu lalu.

Ribut menuturkan gladi lapangan tersebut untuk menguji dokumen rencana kontijensi tanah longsor yang telah disusun. Selain itu, gladi lapangan diharapkan dapat meningkatkan kapasitas aparatur dan masyarakat terkait penanggulangan bencana. Termasuk melakukan pengurangan risiko bencana bersama masyarakat.

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih menuturkan Bantul merupakan salah satu daerah yang kerap dilanda bencana, sehingga kegiatan simulasi bencana diperlukan. 

"Simulasi bencana dilakukan dengan tujuan membiasakan masyarakat jika terjadi bencana," katanya. 

BACA JUGA: Cegah Lakalantas, Satlantas Polres Bantul Survei Prasarana Jalan di Ruas Jalan Imogiri-Dodogan

Menurutnya Pemkab Bantul berupaya terus menyiapkan masyarakat dalam menghadapi bencana, salah satunya dengan menyelenggarakan gladi kebencanaan hingga relokasi warga yang ada di titik rawan bencana.

Lebih lanjut menurut Halim, kebudayaan gotong royong dalam menghadapi bencana harus terus dilestarikan. Menurutnya, solidaritas antar manusia diperlukan saat menghadapi bencana.

“Solidaritas kemanusiaan harus terus kita pupuk karena Pancasila mengajarkan hal tersebut, karena agama apapun mengajarkan kemanusiaan,” ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Buntut PDNS 2 Dibobol Hacker, Dirjen Aptika Kominfo Mengundurkan Diri

News
| Kamis, 04 Juli 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement