Advertisement

Jelang Pelantikan, Belum Semua Anggota DPRD Kulonprogo Terpilih Menyerahkan LHKPN

Triyo Handoko
Jum'at, 12 Juli 2024 - 12:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Jelang Pelantikan, Belum Semua Anggota DPRD Kulonprogo Terpilih Menyerahkan LHKPN Rapat DPRD Kulonprogo. - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—KPU masih menunggu laporan harta kekayaan pejabat negara (LHKPN) anggota terpilih DPRD Kulonprogo 2024 sebagai syarat pelantikan. Sementara ini sudah ada 36 orang yang laporan kekayaan telah diserahkan.

Tersisa enam anggota terpilih DPRD Kulonprogo 2024 yang belum menyerahkan LHKPN. Meskipun belum menyerahkan, enam dewan terpilih ini tengah berproses untuk mendapatkan LHKPN dari KPK.

Advertisement

KPU Kulonprogo memberi batas tenggat penyerahan LHKPN ini pada 22 Juli ini. Setelah semua anggota DPRD Kulonprogo terpilih 2024 menyerahkan LHKPN, persiapan pelantikan akan dilakukan Bupati dengan meminta rekomendasi Gubernur DIY untuk kemudian diajukan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

BACA JUGA: Laporan Keuangan Dinilai Janggal, BUMD Kulonprogo Diperiksa Inspektorat

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Kulonprogo, Hidayatut Thoyyibah menjelaskan pada Jumat (12/7/2024) bahwa pihaknya juga berkoordinasi dengan KPK agar segera memberikan LHKPN anggota DPRD Kulonprogo yang terpilih. Koordinasi itu dilakukan dengan menyetorkan nama-nama anggota terpilih dewan yang bertugas pada 2024 hingga 2029 tersebut.

KPU Kulonprogo juga berkoordinasi dengan partai politik, jelas Hidayatut, agar pengurusan LHKPN tersebut disegerakan. "Hasilnya semua yang belum mendapat LHKPN ini tengah menunggu hasil dari KPK, sebelumnya kami juga fasilitasi kepada mereka untuk berkonsultasi dengan KPK jika ada kendala dalam pembuatan LHKPN tersebut," terangnya.

Selain LHKPN, lanjut Hidayatut, seluruh syarat lain anggota terpilih DPRD Kulonprogo sudah lengkap. "Tinggal menunggu LHKPN ini, seluruh calon yang dinyatakan terpilih juga tidak ada yang mengundurkan diri," ungkapnya.

Targetnya pelantikan DPRD Kulonprogo dilangsungkan sebelum 12 Agustus mendatang. "Supaya menghindari kekosongan, mengingat DPRD Kulonprogo saat ini masa jabatanya berakhir pada tanggal tersebut," paparnya.

Sisa waktu yang ada ini, sambung Hidayatut, harus dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh enam anggota terpilih DPRD Kulonprogo untuk mendapatkan LHKPN tersebut. "Kami imbau agar segera dan manfaatkan waktu yang ada, agar semuanya lancar," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tim Meninjau Keberlanjutan Pembangunan IKN

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement