Advertisement

Pembebasan Lahan Tol Jogja-Solo Ruas Maguwo-Trihanggo: Pengajuan Pencairan Uang Ganti Rugi Ditarget Akhir 2024

Sunartono
Jum'at, 19 Juli 2024 - 09:07 WIB
Sunartono
Pembebasan Lahan Tol Jogja-Solo Ruas Maguwo-Trihanggo: Pengajuan Pencairan Uang Ganti Rugi Ditarget Akhir 2024 Pekerja proyek Tol Jogja-Solo Seksi 2 Trihanggo-Junction Sleman melakukan pacthing atau penambalan jalan di jalan ring road area Trihanggo. - Istimewa // PT. Adhi Karya

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Proses pembebasan lahan tol Jogja-Solo yang terdiri atas ruas tol Maguwo-Trihanggo dengan ruas Jogja-Bandara YIA Kulonprogo terus berproses.

Ruas Maguwo-Trihanggo atau sepanjang Ringroad Utara Sleman ini diperkirakan panjang 7,21 kilometer, adapun ruas tol Jogja-YIA Kulonprogo sepanjang 38,57 kilometer.

Advertisement

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jalan Tol Jogja-Solo Dian Ardiansyah menjelaskan pembebasan lahan kedua ruas jalan tol tersebut saat ini masih berproses. Khusus untuk ruas Maguwo-Trihanggo saat pengukuran lahan terdampak saat ini telah terselesaikan.

BACA JUGA : Tiga Bidang Tanah Tol Jogja-Solo di Sleman Belum Dibebaskan, Ini Kendalanya

"Beberapa waktu lalu sempat ada lahan yang dilakukan pengukuran ulang, tetapi saat ini sudah selesai semuanya," katanya kepada Harianjogja.com, Selasa (16/7/2024).

Ia menambahkan setelah pengukuran, tahapan selanjutnya memasuki pendataan bangunan dan tanamam terdampak yang akan dilakukan Satgas B. Adapun Satgas ini di dalamnya selain berisi dari BPN, juga melibatkan Dinas PU hingga Dinas Pertanian.

Dian berharap pendataan bangunan dan tanaman ini bisa berjalan di Juli 2024 ini dan segera terselesaikan. Sehingga pada Agustus mendatang bisa dilanjutkan dengan pengumuman untuk memberikan waktu kepada warga terdampak tol Jogja-Solo untuk melakukan sanggahan selama 14 hari.

"Pengumuman itu biasanya kami tempel di kalurahan selama 14 hari kerja, setelah itu warga atau pemilik lahan diperbolehkan untuk melakukan sanggahan kalau ada yang tidak cocok," katanya.

Menurutnya appraisal atau penghitungan nilai tanah, bangunan dan tanaman akan dilakukan setelah pendataan selesai. Melihat perkembangan tahapan yang berjalan sesuai perencanaan, ia optimistis pengajuan pencairan ganti rugi lahan terdmpak tol Jogja-Solo ruas Maguwo-Trihanggo dapat dilakukan pada akhir 2024 ini.

"Target appraisal berharapnya Agustus sudah bisa masuk appraisal. Mudah-mudah sudah bisa [untuk pengajuan pencairan ganti rugi ke LMAN di jelang akhir 2024], memang mungkin belum semuanya tetapi mudah-mudahan sudah ada yang bisa diajukan [ke LMAN]," ujarnya.

BACA JUGA : Satu Bidang TKD Condongcatur Terdampak Tol Jogja-Solo

Dian memastikan desain yang diterima dari sisi tim pembebasan lahan tol Jogja-Solo sampai saat ini tidak ada perubahan dan berjalan sesuai perencanaan. Di mana ruas Maguwo-Trihanggo akan melayang di atas Ringroad Utara Sleman. Akan tetapi hanya ada satu titik tepatnya di simpang empat Monjali akan turun ke bawah.

"Selain itu di setiap perempatan, nanti mecah [jadi dua ruas terpisah] ke kiri dan ke kanan. Kemudian untuk di sekitar Fly Over Jombor, kalau sesuai dengan pembebasan lahan, semuanya [konstruksi] nanti berada di sebelah selatannya [fly over], sampai nanti tersambung ke barat," katanya.

Ruas Tol Jogja-Bandara YIA

Dian mengatakan Tol Jogja-Solo untuk ruas Jogja-Bandara YIA menunjukkan perkembangan positif. Hingga saat ini sudah ada empat kalurahan yang sudah memasuki tahapan pengumuman dan memberikan kesempatan sanggahan kepada terdampak.

Empat kelurahan ini merupakan tahapan tercepat mendekati pencairan ganti rugi. Karena setelah sanggahan akan dilakukan appraisal dan kemudian diajukan pencairan ganti rugi terdampak tol Jogja-Solo ruas Jogja-YIA ke LMAN bisa segera dilakukan.

"Ada 4 kelurahan yang progressnya cepat, tetapi saya belum terima suratnya [data detailnya], paling cepat sampai pengumuman, persiapan penilaian untuk appraisal. Bisa masuk LMAN sampai akhir tahun ini," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tim Meninjau Keberlanjutan Pembangunan IKN

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement