Advertisement

Kampung Dipowinatan Kota Jogja Ikuti Lomba Proklim 2024

Alfi Annisa Karin
Jum'at, 19 Juli 2024 - 07:17 WIB
Sunartono
Kampung Dipowinatan Kota Jogja Ikuti Lomba Proklim 2024 Penilaian tim verifikasi lomba proklim di Kampung Dipowinatan beberapa waktu lalu / Dokumentasi Kemantren Mergangsan

Advertisement

Harianjogja.com, MERGANGSAN—Kampung Dipowinatan, Keparakan, Mergangsan, Kota Jogja menerima kunjungan dari tim verifikasi lomba program kampung iklim (proklim) 2024. Kunjungan ini dalam rangka penilaian Kampung Dipowinatan sebagai wakil dari Kelurahan Keparakan untuk mengikuti lomba proklim tingkat Kemantren Mergangsan.

Mantri Anom Kemantren Mergangsan Wulan Purwandari menuturkan tim verifikasi terdiri dari Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pertanian dan Pangan, TP PKK Kemantren Mergangsan, hingga Faskel Bank Sampah Kemantren Mergangsan.

Advertisement

BACA JUGA : DLH Magelang Diminta Konsisten Menjalankan Program Proklim

Tim melakukan verifkasi administrasi dan meninjau lapangan serta mengecek sejumlah titik lokasi lorong sayur di Kampung Dipowinatan. Wulan mengatakan, proklim merupakan upaya pengendalian perubahan iklim dengan pemberdayaan lingkungan

"Tim menilai kondisi masyarakat untuk adaptasi, mitigasi dan antisipasi adanya perubahan iklim. Tim melakukan peninjauan terhadap kegiatan warga dalam mendukung proklim," ujar Wulan.

Dia menjelaskan, proklim bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai perubahan iklim sekaligus dampak yang ditimbulkan. Proklim juga diharapkan dapat menumbuhkan kemandirian masyarakat dalam melaksanakan adaptasi perubahan iklim, termasuk menjaga nilai-nilai kearifan tradisional. Salah satunya adalah eksistensi Lorong Sayur Dipowinatan sebagai salah satu upaya menciptakan ketahanan pangan.

BACA JUGA : Target Pembentukan 20 Kampung Iklim di Kulonprogo Meleset

"Proklim mendorong partisipasi aktif masyarakat dan seluruh pihak dalam melaksanakan aksi lokal untuk meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tim Meninjau Keberlanjutan Pembangunan IKN

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement