Advertisement

Belasan Seniman Berpartisipasi Dalam Pameran Lukisan Jiwa Pancasila di Hotel Top Malioboro

Media Digital
Senin, 22 Juli 2024 - 06:27 WIB
Maya Herawati
Belasan Seniman Berpartisipasi Dalam Pameran Lukisan Jiwa Pancasila di Hotel Top Malioboro Pembukaan pameran lukisan bertema Jiwa Pancasila yang digelar di Top Malioboro Hotel Jalan HOS Cokroaminoto No.145, Tegalrejo, Kota Jogja, Minggu (21/7/2024) - Harian Jogja - Yosef Leon

Advertisement

JOGJA—Sebanyak 14 seniman dengan 34 karya lukis berpartisipasi dalam pameran bertajuk Jiwa Pancasila yang digelar selama sebulan penuh 21 Juli-21 Agustus di Top Malioboro Hotel Jogja Jalan HOS Cokroaminoto No.145, Tegalrejo, Kota Jogja.

Karya para seniman ditampilkan di Top Cafe dan restoran hotel setempat dengan beragam aliran agar lebih mudah diakses pengunjung.

Advertisement

Manajer Top Malioboro Agus Rahmanudin mengatakan, gelaran pameran lukisan itu merupakan event perdana yang diselenggarakan di hotelnya. Hal itu jadi salah satu upaya untuk menjalin kolaborasi dengan para seniman Jogja sekaligus mempromosikan sektor kesenian dan pariwisata di wilayah ini.

"Kerja sama ini juga bagian dari apresiasi kami terhadap seni yang ada di Jogja. Korelasi antara hotel dengan seni sangat erat karena kami sangat menjunjung keindahan," jelasnya, Minggu (21/7/2024).

Agus menambahkan, lewat pameran ini ia ingin agar para pengunjung dan tamu yang datang bisa teredukasi, sehingga tema yang diangkat dalam pemeran bisa benar-benar dicapai dan disebarluaskan ke masyarakat.

Apalagi dalam waktu dekat HUT kemerdekaan RI akan dirayakan sehingga sangat sesuai dengan tema yang diangkat.

"Semoga dalam dukungan kami lewat fasilitasi ruang pamer juga akan berdampak pada penjualan dalam pameran ini dan ke depan bisa jadi agenda tahunan," jelasnya.

Ketua panitia pameran Agus Muriyanto berharap agenda ini tidak hanya jadi ajang unjuk karya dan edukasi ke tamu, tapi juga bagian dari promosi terhadap karya lukis para seniman dan berdampak pada penjualan.

"Karya yang ditampilkan merupakan refleksi para seniman terhadap tema yang kami angkat. Jiwa Pancasila dimaknai dengan beragam tanpa berpatok pada pakem resmi," ungkapnya.

Adapun para seniman yang terlibat dalam pameran ini yakni Dodot, Lukman, Adi Prana, Haryo Sas, Supomo, Nur Azizah, Purwadi, Aliegopal, Raden Raharja, Muhamad Munazin, Edopop, Andre Wijaya, Rika, Agus Wayang.

"Untuk kurasi karya memang digelar secara mandiri dan disesuaikan dengan tema dan targetnya penjualannya bagus serta karyanya bisa terapresiasi di tempat yang layak," kata Agus.

Seremonial pembukaan pameran dibuka langsung oleh Arya Ariyanto dengan penandatanganan poster yang disaksikan langsung oleh para seniman yang hadir.

Arya mengatakan, pameran ini salah satu langkah nyata untuk meningkatkan kesadaran masyarakat soal pentingnya seni.

"Harapannya tidak terbatas di sini saja, hotel bintang di Jogja kan banyak bisa melibatkan PHRI agar ke depan lebih luas. Karya seni kalau tidak dipamerkan secara langsung kan bagaimana bisa karyanya dikenal dan juga senimannya," katanya.(***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Wakil Ketua KPK Dapat Sanksi Sedang, Ini Alasan Dewan Pengawas

News
| Jum'at, 06 September 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Wisata Kuliner: Daftar Kedai Burger Lokal di Jogja

Wisata
| Senin, 02 September 2024, 08:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement