Advertisement

456 Lampu LED Akan Dipasang di Sepanjang Ringroad Jogja

Yosef Leon
Senin, 22 Juli 2024 - 21:47 WIB
Sunartono
456 Lampu LED Akan Dipasang di Sepanjang Ringroad Jogja Petugas kepolisian menertibkan arus lalu lintas setelah terjadi kecelakaan di Ringroad Barat, Sleman, yang melibatkan mobil Mercedes-Benz E300 yang menimbulkan satu korban jiwa, Senin (31/7 - 2023) malam. / Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) DIY berencana memasang lampu penerangan jalan umum (PJU) jenis Light Emitting Diode (LED) putih di 456 titik sepanjang Jalan Ringroad Jogja. Upaya ini bertujuan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas yang dilaporkan masih cukup tinggi di kawasan itu akibat minimnya lampu penerangan jalan umum. 

Kepala BPTD Kelas III DIY Yanti Marliana mengatakan, Jalan Ringroad Jogja yang berstatus sebagai Jalan Nasional mempunyai panjang 36 kilometer. Nantinya pemasangan lampu PJU akan dibagi menjadi dua tahap, pertama sebanyak 237 titik yang telah selesai dikerjakan April 2024 lalu. Kemudian tahap kedua sebanyak 219 titik yang akan dijalankan pada awal Agustus 2024 mendatang. 

Advertisement

BACA JUGA : Penghilangan Separator di Jalan Ringroad Batal, Diganti Jadi Penghilangan U Turn

Adapun dalam proses pemasangan lampu PJU tahap kedua tersebut pihaknya sudah lebih dulu melakukan survei. Pemasangan lampu PJU tahap kedua itu sekarang masih dalam proses pengadaan lampu yang ditargetkan pengerjaannya akan selesai dalam jangka waktu dua bulan atau 75 hari setelah unit tersedia dipasang. 

"Spesifikasi lampu PJU sudah kami sesuaikan dengan peraturan Kementerian Perhubungan untuk spesifikasi Jalan Nasional berupa lampu LED putih 120 Watt," katanya, Senin (22/7/2024). 

Marliana mengatakan, selain pemasangan unit baru petugas juga secara berkala melakukan pemeliharaan dan perbaikan agar lampu PJU berfungsi dengan baik dan optimal. BPTD juga membentuk tim lapangan yang bertugas untuk melakukan pemeliharaan secara berkala terhadap seluruh ruas jalan Ringroad karena merupakan Jalan Nasional.

"Pemeliharaan dilakukan jika komponen diidentifikasi rusak maka akan diganti baru. Namun jika dikenali kerusakan akibat instalasi, maka akan dilakukan instalasi ulang," ungkapnya. 

Dia menambahkan, aset berupa lampu PJU yang tersebar di sejumlah ruas jalan saat ini masih merupakan campuran aset antara Dinas Perhubungan baik Kabupaten/Kota dan Provinsi, Kemenhub serta Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Kementerian PUPR. Hanya saja yang perlu dipastikan adalah fungsi dari fasilitas tersebut sehingga pengguna jalan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan akibat kondisi jalanan yang gelap dan merasa aman saat berkendara. 

BACA JUGA : Polda DIY Tutup Puluhan Bukaan Separator Ilegal di Sepanjang Ringroad Jogja

Sementara Plt. Kepala Dinas Perhubungan DIY Sumariyoto menyebutkan minimnya penerangan di area Jalan Ringroad menjadi ranah pemerintah pusat dalam hal ini BPTD DIY. Sebab kawasan Ringroad berstatus Jalan Nasional sehingga menjadi kewenangan BPTD DIY. Permasalahan tersebut tentunya telah dikoordinasikan pihak terkait dan diharapkan segera tertangani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Perkuat Ketahanan Pangan, Kementan, TNI dan Pelaku Usaha Melakukan Sinergi Program

News
| Jum'at, 18 Oktober 2024, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement