Advertisement

Perpanjangan Sewa Lahan PSG Belum Direspons, Bupati Bantul: Silakan Kalau Pemda Mau Kelola

Jumali
Senin, 22 Juli 2024 - 16:57 WIB
Arief Junianto
Perpanjangan Sewa Lahan PSG Belum Direspons, Bupati Bantul: Silakan Kalau Pemda Mau Kelola Pasar Seni Gabusan. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pemkab Bantul mengaku tidak mempermasalahkan jika ke depan pengelolaan Pasar Seni Gabusan (PSG) diambil alih oleh Pemda DIY. Pasalnya selama ini lahan PSG tersebut adalah tanah kas desa, dan selama ini Pemkab Bantul sewa kepada Pemerintah Kalurahan Timbulharjo, Sewon.

"PSG itu tanahnya kan milik Desa [Kalurahan] Timbulharjo yang sebentar lagi sewa dari Pemkab selesai. Mungkin Pemda DIY punya rencana khusus. Ya, itu boleh saja dan sah-sah saja," kata Bupati Bantul Abdul Halim Muslih, ditemui di Bambanglipuro, Senin (22/7/2024) siang.

Advertisement

Menurut Halim, tanah kas desa yang selama ini dijadikan PSG sejatinya juga merupakan bagian dari Sultan Grond. Oleh karena itu, jika Pemda DIY memiliki rencana pemanfaatan untuk lokasi tersebut tidak ada masalah.

"Kalau harapannya ya, apapun pemanfaatannya yang penting itu bisa bermanfaat bagi UMKM Bantul dan bisa sediakan lapangan usaha bagi warga Bantul," lanjutnya.

BACA JUGA: Pengelolaan Pasar Seni Gabusan Segera Dialihkan kepada Pemda DIY

Plt Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (DKUKMPP) Bantul, Fenty Yusdayati mengaku sampai saat ini belum mengetahui terkait dengan konsep pengelolaan PSG saat diambil alih oleh Pemda DIY. Namun, Fenty berharap agar ke depan, pengelolaan PSG akan lebih baik. "Karena letaknya kan strategis dan dari provinsi akan mengangkatnya lebih baik lagi," katanya.

Sembari menunggu konsep pengeloaan dirancang oleh Pemda DIY, Fenty mengaku Pemkab Bantul akan tetap menggunakan PSG. Berapa event juga akan tetap diselenggarakan di sana.

Perpanjangan

Sedangkan, Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Dispertaru) Bantul, Suprianto menyatakan telah mengajukan perpanjangan tetapi belum mendapatkan izin perpanjangan untuk penggunaan lahan PSG dari Gubernur DIY.

Supri mengaku jika pihaknya baru mengetahui bahwa Pemda DIY memiliki rencana mengembangkan lokasi tersebut. "Untuk lebih detail terkait rencananya ada di DIY," ucap Supri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tim Meninjau Keberlanjutan Pembangunan IKN

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement