Advertisement

Hasil Memuaskan, Panen Kedelai Petani Kulonprogo Langsung Diserap Perusahaan Nasional

Arief Junianto
Selasa, 23 Juli 2024 - 19:07 WIB
Arief Junianto
Hasil Memuaskan, Panen Kedelai Petani Kulonprogo Langsung Diserap Perusahaan Nasional PT. FKS saat membeli kedelai yang dihasilkan oleh Kelompok Petani Perempuan Lestari Karisma. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Kelompok Petani Perempuan Lestari Karisma dan Paguyuban Petani Lestari Boro berhasil memanen kedelai varietas Galunggung, Grobogan, dan Wilis dengan hasil kualitas dan kuantitas yang memuaskan.

Kelompok Petani Perempuan Lestari Karisma dan Paguyuban Petani Lestari Boro merupakan kelompok petani kedelai lokal yang giat dan ulet membina perempuan di wilayah Kulonprogo untuk dapat mandiri dan berdaya.

Advertisement

Cuaca yang mendukung dan curah hujan yang mencukupi telah menjadi faktor penting keberhasilan panen kali ini.

"Petani di sini juga telah mempraktikkan kegiatan bertani dengan kembali pada tradisi menggunakan sistem nonmonokultur, di mana satu lahan tidak hanya ditanami satu jenis tanaman saja. Pengolahan dilakukan secara alami, mulai dari menentukan benih, siklus tanam, sampai masa panen. Pupuk yang digunakan berasal dari olahan daun dan kotoran ternak," kata Herni, salah satu penggerak Paguyuban Petani Lestari Boro melalui keterangan resmi, dikutip Selasa (23/7/2024).

Tidak hanya fokus pada proses bercocok tanam, kelompok tani ini juga secara rutin mengadakan berbagai pelatihan dan kegiatan yang bertujuan pada kedaulatan pangan bagi perempuan.

Misi tersebut sejalan dengan pilar keberlanjutan yang diusung PT FKS Multi Agro dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan nasional. Itulah sebabnya, pada 21 Juli 2024, PT FKS Multi Tbk Agro merealisasikan program penyerapan kedelai dari hasil panen kedua kelompok tani tersebut.

Kepala Gudang PT FKS Multi Agro Tbk Semarang, Sukis Rahardjo menyatakan bahwa uji mutu telah dilakukan sebelum penyerapan ini direalisasikan. Menurut dia, kualitas kedelai tersebut sangat baik dan PT FKS Multi Agro Tbk siap menyerap sebanyak 20 ton kedelai untuk dapat didistribusikan kepada pengrajin tahu tempe khususnya di Jawa Tengah dan DIY.

Program serupa telah konsisten dilakukan PT FKS Multi Agro Tbk beberapa tahun terakhir sebagai upaya konkret perusahaan untuk membantu penyerapan kedelai lokal sebagai dukungan atas program jangka panjang pemerintah dalam mewujudkan swasembada pangan nasional.

Melalui perwakilannya, para petani memiliki harapan kepada pemerintah agar petani kedelai mendapat perhatian khusus, mengingat komoditas kedelai adalah produk bahan baku pangan strategis selain beras dan jagung.

Pemerintah diharapkan dapat berkomitmen menyerap hasil panen yang ada dan merealisasikan program bantuan yang konkrit, agar petani kedelai lokal memiliki gairah untuk menanam kedelai dalam rangka memenuhi kebutuhan nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Perkuat Ketahanan Pangan, Kementan, TNI dan Pelaku Usaha Melakukan Sinergi Program

News
| Jum'at, 18 Oktober 2024, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement