Advertisement

Tumbuhkan Semangat Persatuan, Komunitas Kumbang Gelar Lomba Mewarnai

Media Digital
Minggu, 28 Juli 2024 - 19:27 WIB
Arief Junianto
Tumbuhkan Semangat Persatuan, Komunitas Kumbang Gelar Lomba Mewarnai Peserta lomba mewarnai yang diinisiasi oleh Komunitas Kumbang dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-79 Indonesia berfoto bersama di Ramayana Balet Purawisata, Minggu (28/7/2024). - Istimewa

Advertisement

JOGJA—Kementerian Agama DIY bersama Komunitas Kumpul Bareng Anak Bangsa (Kumbang) menggelar acara bertajuk Kumpul Bareng Anak Bangsa di Ramayana Balet Purawisata, Minggu (28/7/2024).

Acara yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-79 ini mengambil tema Harmoni dalam Keberagaman, Wujudkan Persatuan Indonesia.

Advertisement

Ketua Event Kumbang Vol. 2 2024, Paramita Jati menuturkan event ini menampilkan berbagai kegiatan menarik. Salah satunya adalah lomba mewarnai.

Kompetisi ini diikuti oleh 188 anak dari berbagai komunitas, seperti gereja, sekolah, kelompok, serta relasi kerja sama dengan pihak penyelenggara lomba lain di DIY. Terbagi menjadi 4 kategori, yakni kategori pra-sekolah sampai TK, kelas 1-3 SD, 4-6 SD, dan siswa/ siswi SMP.

Diakhir acara, peserta menerima Piala GKR Hemas sebagai apresiasi terhadap kreativitas dan semangat persatuan dalam lomba mewarnai.

Dinamakan Piala GKR Hemas lantaran untuk menghormati Ibu GKR Hemas yang dikenal sebagai tokoh pendukung keberagaman dan persatuan bangsa. Peserta memperebutkan total hadiah hingga Rp 6 juta.

"Lomba mewarnai ini bertujuan menanamkan nilai-nilai solidaritas dan toleransi sejak usia dini, serta memberikan wadah bagi anak-anak untuk berkreasi sambil merayakan keragaman Indonesia," ujarnya, Minggu (28/7/2024).

Selain lomba mewarnai, acara ini juga menyajikan seminar parenting dengan tema Peran Orang Tua dalam Mewujudkan Persatuan Indonesia serta Mewujudkan Indonesia Bebas Stunting".

Seminar ini menekankan pentingnya peran orang tua dalam mendidik anak-anak untuk menjadi generasi penerus yang sadar akan keberagaman dan pentingnya persatuan.

Di sisi lain, ada juga pentas seni yang menampilkan bakat anak-anak dari berbagai latar belakang. Anak juga menonjolkan kekayaan budaya dan seni Indonesia.

Kumpul Bareng Anak Bangsa dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk sponsor, tamu undangan, dan perwakilan tokoh agama dari berbagai keyakinan. Mulai dari agama Buddha, Hindu, Katolik, Islam, Kristen, dan kepercayaan lokal. "Kehadiran mereka mencerminkan semangat  kebersamaan dan dialog lintas agama yang menjadi inti dari acara ini," tuturnya.

Pembimas Katolik Kementrian Agama DIY, Kristoforus Sinselius mengapresiasi gelaran Kumbang 2024.

Menurutnya, lewat kegiatan ini anak-anak bisa saling mengenal tanpa melihat latar belakang apapun, sehingga bisa tercipta iklim persatuan dan kesatuan.

"Semoga perjumpaan yang terjadi tetap membekas dalam diri anak-anak sampai mereka tumbuh dewasa. Kumbang diharapkan menjadi momen tahunan yang tidak hanya merayakan Hari Kemerdekaan, tetapi juga sebagai wadah untuk membangun dialog lintas agama dan memupuk rasa persatuan dan toleransi sejak dini di kalangan anak-anak.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement