Advertisement

Pelajar Pelaku Pembuangan Bayi di Kulonprogo Ditetapkan Tersangka

Triyo Handoko
Minggu, 28 Juli 2024 - 13:57 WIB
Sunartono
Pelajar Pelaku Pembuangan Bayi di Kulonprogo Ditetapkan Tersangka ilustrasi anak pelaku kejahatan. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Seorang pelajar di Kapanewon Lendah, Kulonprogo yang membuang bayi pada pertengahan Juli lalu resmi ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus tersebut. Kasus pembuangan bayi ini juda sudah naik status dari penyelidikan ke penyidikan.

Penetapan tersangka pelaku pembuangan bayi ini dilakukan Polres Kulonprogo setelah melakukan gelar perkara. Kasi Humas Polres Kulonprogo, AKP Triatmi Noviartuti menjelaskan pada Minggu (28/7/2024) bahwa tersangka yang dimaksud adalah ibu bayi tersebut yang juga seorang pelajar perempuan di sebuah SMP.

BACA JUGA : Polisi Buru Pelaku Pembuangan Bayi di Tirtomartani Kalasan

Advertisement

Setelah menetapkan ibu yang membuang bayi itu, Novi menjelaskan Polres Kulonprogo akan segera melakukan pemeriksaan terhadapnya. "Pemeriksaan terhadap tersangka yang masih anak ini juga akan melibatkan lembaga perlindungan anak [LPA], badan pemasyarakatan Bapas, dan orang tua dari tersangka tersebut," katanya.

Sementara bapak dari bayi ini adalah teman sepantaran dari ibunya tersebut yang masih duduk di bangku SMP. Polres Kulonprogo juga sudah memintai keterangan dari bapak bayi tersebut.

Sebelumnya ibu bayi yang jadi tersangka ini juga didampingi Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos-P3A) Kulonprogo. Kepala Dinsos-P3A Kulonprogo, Bowo Pristianto menyebut pihaknya juga memberikan bantuan terhadap bayi tersebut.

Kondisi bayi yang dibuang itu sendiri sempat dibawa ke rumah sakit setelah ditemukan seorang warga. Kemudian setelah kondisi medisnya membaik, Dinsos-P3A Kulonprogo mengembalikannya ke ibunya dan keluarganya.

BACA JUGA : Kasus Pembuangan Bayi Kembar Berbah, si Ibu Resmi Jadi Tersangka

Bowo menjelaskan Dinsos-P3A juga turut memberikan pendampingan psikologis terhadap ibu bayi tersebut. "Akan kami dampingi terus, pemantauan terhadap bayi juga kami lakukan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BPK Endus Sejumlah Masalah Penting dalam Izin Tambang Minerba

News
| Kamis, 19 September 2024, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Keindahan Alam dan Sungai di Desa Wisata Srikemenut Bantul

Wisata
| Rabu, 18 September 2024, 10:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement