Advertisement

Bantuan Pangan Tahap 3 Mulai Disalurkan untuk Ribuan KK di DIY

Stefani Yulindriani Ria S. R
Kamis, 01 Agustus 2024 - 14:17 WIB
Sunartono
Bantuan Pangan Tahap 3 Mulai Disalurkan untuk Ribuan KK di DIY Ilustrasi beras Bulog. - Bisnis Indonesia/Dwi Prasetya

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Perum Bulog mulai menyalurkan bantuan pangan beras Cadangan Beras Pemerintah (CBP) tahap III tahun 2024 kepada ribuan Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Direktur Utama Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi mengatakan pemberian bantuan pangan beras CBP tahap III diberikan untuk 22 juta KPM untuk periode Agustus-Desember 2024. Sementara di DIY ada 390 ribu KPM. Dari jumlah tersebut, ada 100 ribu KPM.

Advertisement

BACA JUGA : Tahun Ini 27.236 Warga Kota Jogja Terima Bantuan Beras 10 Kilogram

"Ini adalah bagian dari usaha pemerintah untuk terus memberikan kemudahan bagi masyarakat agar dapat menjangkau beras," ujarnya dalam penyaluran bantuan pangan beras Cadangan Beras Pemerintah (CBP) tahap III tahun 2024 di Kalurahan Argomulyo, Sedayu pada Kamis (1/8/2024). 

Dia menuturkan paceklik terjadi di sebagian besar wilayah di Indonesia. Karena itu, menurutnya panen akan tertunda. Dia pun berharap bantuan beras tersebut dapat mempermudah masyarakat mengakses beras. Kualitas beras yang disalurkan tersebut dalam kondisi baik. Setiap KPM akan mendapatkan 10 kg beras setiap bulannya.

"Beras yang kita salurkan untuk penerima bantuan pangan kualitasnya sangat baik, memenuhi Standar Nasional Indonesia [SNI]," ujarnya.

Selain penyaluran bantuan beras, menurutnya, Bulog Kanwil Yogyakarta juga menyalurkan beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP). Dia menuturkan Perum Bulog Kanwil Yogyakarta pada Juni 2024 telah menyalurkan 2.900 ton beras SPHP. "Beras tersebut [SPHP] dijual ke retail, pasar modern dan pasar rakyat di seluruh DIY," katanya.

BACA JUGA : Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah Mulai Dikucurkan, Sasar 57.642 KPM di Kulonprogo

Kemudian pada Juli 2025, penyaluran beras SPHP meningkat menjadi 5.100 ton.  Bulog Kanwil Yogyakarta saat ini masih memiliki cadangan beras hingga 6.500 ton. Sementara beras yang berasal dari daerah sekitar DIY mencapai 48.000 ton. "[Cadangan beras] Untuk menopang bantuan pangan dan SPHP," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement