Advertisement

Kota Jogja Hadirkan Pusat Data Industri Pariwisata, Ini Manfaatnya

Lugas Subarkah
Selasa, 06 Agustus 2024 - 06:57 WIB
Sunartono
Kota Jogja Hadirkan Pusat Data Industri Pariwisata, Ini Manfaatnya tangkapan layar tampilan depan Putri Jogja, Senin (5/8 - 2024).

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemkot Jogja menghadirkan inovasi Pusat Data Industri Pariwisata Jogja (Putri Jogja) untuk memberikan kemudahan dalam mengakses informasi lengkap seputar destinasi wisata, hotel, restoran hingga toko oleh-oleh bagi wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Jogja, Wahyu Hendratmoko, menjelaskan Putri Jogja yang berbasis website tersebut akan memudahkan banyak pihak dalam mencari informasi seputar industri pariwisata di Kota Jogja.

Advertisement

“Kehadiran Putri Jogja pemanfaatannya bisa dilihat dalam dua sisi, yaitu untuk masyarakat luas yang berkepentingan terhadap data industri pariwisata seperti wisatawan, mahasiswa, akademisi, komunitas dan lainnya. Kemudian bagi investor dan calon investor, serta intervensi program kegiatan pariwisata terhadap usaha pariwisata,” ujarnya, dikutip Selasa (6/8/2024).

BACA JUGA : Belasan Negara Memperebutkan Piala Raja Sultan HB X di Jogja Internasional Kite Festival

Industri pariwisata menjadi sektor yang mampu mendulang hingga 40% Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Jogja, dengan total kunjungan wisatawan pada 2023 sebesar 7.589.582 orang dan lama tinggal wisatawan sebesar 1,8 hari.

“Fasilitas pendukung pariwisata di Kota Jogja bisa dikatakan paling lengkap, keberadaannya 80 persen berlokasi di pusat kota dan sudah memenuhi standard usaha pariwisata. Sebagai kota pariwisata yang berbudaya, tentu industri pariwisata harus kita dorong untuk terus bertumbuh dalam menggerakkan lokomotif perekonomian masyarakat Kota Jogja,” katanya.

Kabid Industri Pariwisata Dinas Pariwisata Kota Jogja, Caesaria Eka Yulianti, mengatakan saat ini tercatat industri pariwisata di Kota Jogja mencapai 1.611 usaha pariwisata. Dari total usaha pariwisata yang ada di Kota Jogja, jumlah terbesar ada pada usaha jasa akomodasi dan kuliner.

BACA JUGA : Pilkada 2024 Diklaim Tak Pengaruhi Kunjungan Wisatawan ke Jogja

Pada akomodasi dan kuliner terdapat 676 hotel dan 655 restoran, sementara sisanya merupakan jenis usaha pariwisata lain seperti hiburan, salon dan lain-lain. “Dengan adanya Putri Jogja tentu harapannya masyarakat luas dapat dengan mudah mengetahui informasi lengkap dan terbaru seputar usaha pariwisata di Kota Jogja, begitu juga bagi para pelaku usaha pariwisata,” paparnya.

Inovasi berbasis website ini lebih mudah diakses karena pengguna tidak harus mengunduh aplikasi. Terdapat empat menu utama dalam Putri Jogja, yakni Destinasi, Hotel, Restoran dan Toko Oleh-oleh. Putri Jogja dapat diakses di https://kotajogja.com/putrijogja/.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Harga Avtur di Indonesia Termahal di Asean, Ini Tanggapan Menhub

News
| Selasa, 10 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement