Advertisement

Mengentaskan Pengangguran, Pemkot Jogja Sediakan Ribuan Lowongan Kerja Lewat Job Fair

Media Digital
Selasa, 13 Agustus 2024 - 21:47 WIB
Maya Herawati
Mengentaskan Pengangguran, Pemkot Jogja Sediakan Ribuan Lowongan Kerja Lewat Job Fair Gelaran Job Fair yang digelar oleh Dinsosnakertrans Kota Jogja di Auditorium LPP Yogyakarta, Selasa (13/8/2024) - Harian Jogja - Alfi Annissa Karin

Advertisement

JOGJA—Dinas Sosial Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Jogja menggelar Job Fair di Auditorium LPP Yogyakarta pada 12-15 Agustus 2024.

Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid. Sebanyak 49 perusahaan turut serta pada kegiatan ini. Mulai dari yang bergerak di bidang retail hingga perusahaan digital.

Advertisement

Plt Sekretaris Dinsosnakertrans Kota Jogja Erna Nur Setyaningsih menuturkan setidaknya ada ribuan lowongan pekerjaan yang tersedia. Kali ini, pihaknya turut mengakomodasi kebutuhan pada disabilitas. Ada 3 perusahaan yang turut menyediakan lowongan kerja bagi disabilitas.

"Ada juga stan khusus lembaga pelatihan kerja sebanyak empat perusahaan," kata Erna ditemui di Auditorium LPP Yogyakarta, Selasa (13/8/2024).

Erna menyebut, gelaran semacam ini merupakan upaya untuk mengentaskan pengangguran di Kota Jogja. Saat pandemi lalu, pertemuan antara pencari kerja dan penyedia kerja tak bisa dilaksanakan lantaran mobilitas yang harus dibatasi.

Menurutnya, ini menjadi kendala dan turut andil meningkatkan angka pengangguran di Kota Jogja. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, angka pengangguran terbuka di Kota Jogja saat ini mencapai 6,07%.

BACA JUGA: Puluhan Hotel Anggota PHRI DIY Jadi Korban Peretasan, Warga Diminta Waspada Nomor Palsu Reservasi

"[Jumlahnya] Menurun jika dibanding saat pandemi yang mencapai 13 persen," katanya.

Erna mengatakan, kegiatan job fair selalu mendapatkan antusias yang tinggi dari pada pencari kerja. Tahun lalu, ribuan pencari kerja datang untuk mencari informasi.

Ia juga menyiapkan sesi talk show yang bisa disimak oleh para pencari kerja. Kegiatan ini menyasar pada jenjang pendidikan SMA/ SMK hingga jenjang pendidikan di atasnya. Erna menyebut, pihaknya juga memanfaatkan Aplikasi JSS untuk mengakomodir para pencari kerja dalam mencari informasi.

"Diharapkan kegiatan ini dapat menekan angka pengangguran, setidaknya sama seperti sebelum pandemi di angka tia persen hingga empat persen," ungkapnya.

Salah satu pencari kerja Bahtiar Ilham mengaku datang langsung dari Magelang. Dia mendapatkan informasi soal kegiatan Job Fair ini dari sosial media Pemkot Jogja.

Ilham mengaku terbantu dengan kegiatan ini. Sebab, sebagai fresh graduate dia merasa kesulitan dalam mencari pekerjaan pertamanya.

Ditambah lagi, kini ketersediaan lapangan kerja tak sebanding dengan angkatan kerja yang ada. Menurutnya, Job Fair ini bisa menjadi wadah baginya untuk mencari pekerjaan dengan lebih mudah.

"Semoga bagi temen-temen fresh graduate bisa mendapatkan informasi lebih banyak lagi soal lapangan kerja. Sehingga, fresh graduate bisa punya pengalaman kerja dan bagaimana fresh graduate bisa mempersiapkan diri untuk ke jenjang yang lebih tinggi," ungkap lulusan UPN Veteran Yogyakarta ini. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pengamanan Pilkada 2024, Ini Strategi yang Disiapkan Polri

News
| Selasa, 10 September 2024, 21:07 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement