Advertisement

Peringati HUT ke 79 RI, Elemen Masyarakat Merah Putihkan Kali Code

Yosef Leon
Sabtu, 17 Agustus 2024 - 11:57 WIB
Arief Junianto
Peringati HUT ke 79 RI, Elemen Masyarakat Merah Putihkan Kali Code Suasana pengibaran bendera merah putih di Kali Code, Ledok Tukangan, Danurejan, Kota Jogja untuk merayakan HUT ke 79 RI, Sabtu (17/8/2024). - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sejumlah elemen masyarakat menggelar upacara pengibaran bendera merah putih peringatan HUT ke-79 RI di Kali Code, Ledok Tukangan, Danurejan, Kota Jogja Sabtu (17/8/2024) pagi.

Dengan mengenakan berbagai pakaian adat nusantara mereka berdiri di aliran Kali Code untuk merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-79 RI. 

Advertisement

Ketua Aliansi Mahasiswa Nusantara, Altingia Arie yang menggagas acara itu mengatakan Kali Code dipilih lantaran pihaknya ingin mengenang masa kecil dan mengingatkan bahwa perayaan HUT RI bisa dimeriahkan dengan kegiatan yang sederhana dan di mana saja. 

"Kemeriahan 17 Agustus itu bisa dengan kesederhanaan dan dari pojok sudut Kota Jogja yaitu di Kali Code. Kali Code ini termasuk area yang sangat legendaris yang berada di Jogja," katanya. 

Menurut Arie, Kali Code merupakan wilayah yang dekat dengan pusat keramaian yakni Malioboro sehingga banyak orang yang melewati area itu. Pihaknya memilih area itu agar banyak masyarakat yang melihat kegiatan itu. Selain itu kali juga dianggap sebagai sumber kehidupan. 

"Kami mengibarkan 79 bendera sesuai hari kemerdekaan, nanti kami bentangkan di tepi Kali Code. Nanti ada beberapa yang di atas keramba atau batu dan ada yang di dalam sungainya juga," ujar dia. 

BACA JUGA: Komandan Kopassus Pimpin Upacara Detik-Detik Proklamasi di IKN, Ini Profilnya

Warga Ledok Tukangan, Sudarsono mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan elemen mahasiswa dan juga sukarelawan kegawatdarutan itu. "Mudah-mudahan Kali Code ini bisa dirawat bersama supaya bersih. Bisa dilihat sendiri kan kalau rumahnya di depan Kali Code kan banyak sampahnya kasihan yang di dekat bantaran Kali Code ini," pungkasnya. 

Sudarsono menyatakan, pihaknya berharap tahun depan ada acara serupa agar inisiatif masyarakat peduli terhadap kebersihan kali semakin terbentuk. "Kali ini mestinya bisa jadi milik bersama, jaga kebersihan dan kenyamanan agar lingkungan tetap lestari," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement