Advertisement

5 Tahun Transformasi BUMN, PLN Konsisten Jaga Kelestarian Lingkungan dengan Penanaman 2.500 Bibit Pohon Cemara Laut di Pesisir Pantai Samas

Media Digital
Rabu, 28 Agustus 2024 - 23:47 WIB
Abdul Hamied Razak
5 Tahun Transformasi BUMN, PLN Konsisten Jaga Kelestarian Lingkungan dengan Penanaman 2.500 Bibit Pohon Cemara Laut di Pesisir Pantai Samas PLN Unit UP3 Yogyakarta bersama Yayasan Aksi Inspirasi Indonesia (AII) dan Forum Komunikasi Pemuda-Pemudi Rejo-Sari (FKPPRS) melakukan penanaman 2.500 bibit Pohon Cemara di Pantai Samas, Srigading, Sanden, Bantul, Selasa (27/8 - 2024) ist

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL–PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Yogyakarta melalui program PLN Peduli menggelar penanaman 2.500 bibit Pohon Cemara di Pantai Samas, Srigading, Sanden, Bantul.

Kegiatan yang diinisiasi bersama Yayasan Aksi Inspirasi Indonesia (AII) dan Forum Komunikasi Pemuda-Pemudi Rejo-Sari (FKPPRS) ini digelar sebagai bentuk konsisten PLN melakukan upaya-upaya mendukung kelestarian lingkungan selama 5 Tahun BUMN bertransformasi di bawah kepemimpinan Erick Thohir.

Advertisement

BACA JUGA: PLN Terus Melanjutkan Transformasi untuk Solusi Energi

Sejumlah pejabat seperti Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY, Babinsa TNI AL Srigading, Pemerintah Desa Srigading dan juga manajemen serta pegawai PLN UP3 Yogyakarta turut menghadiri kegiatan tersebut.

Kusno Wibowo, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY menyampaikan bahwa pentingnya menjaga ekosistem pantai agar tidak terkena abrasi di masa depan, salah satunya dapat dilakukan dengan kegiatan penanaman bibit pohon cemara.

Dia juga menyebut bahwa kegiatan ini sebagai upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan khususnya di Pantai Selatan Yogyakarta. "Yogyakarta terkenal dengan destinasi wisatanya, sehingga sangat penting untuk menjaga agar tidak terkena abrasi di masa depan," ungkap Kusno melalui siaran pers, Rabu (28/8/2024)

Ia juga memberikan apresiasi serta ucapan terimakasih kepada PLN , yayasan, pemerintah setempat serta masyarakat pesisir selatan Yogyakarta, yang turut berkontribusi dalam upaya menjaga kelestarian alam.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih atas kerjasama dan kolaborasi dari pemerintah, yayasan, dan khususnya PLN UP3 Yogyakarta, dalam kegiatan penanaman bibit pohon cemara laut di Pantai Samas ini. Harapannya, kegiatan ini dapat menjaga kelestarian lingkungan, khususnya di pantai selatan. Sekali lagi, kami ucapkan terima kasih," ujar Kusno.

BACA JUGA: Sambut Hari Pelanggan Nasional PLN Gelar Fun Run with PLN Mobile 2024, Catat Tanggalnya

Taufik Hidayat, Ketua Yayasan AAI menyampaikan bahwa kegiatan penanaman di pesisir ini merupakan yang kedua bersama PLN setelan sebelumnya di Kulonprogo. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mengembalikan ekosistem laut pesisir selatan, serta sebagai upaya untuk memberi penghalang abrasi laut.

“Ini adalah agenda kami yang ketiga, setelah kegiatan serupa di Malang dan yang kedua di Kulonprogo. Harapannya pohon cemara laut ini bisa menjadi penghalang abrasi laut, dan menunjang ekosistem laut serta ekosistem ekonomi di Daerah Istimewa Yogyakarta," tutur Taufik.

Kaur Pangripta Kelurahan Srigading, Sulistyantoro, mengapresiasi adanya kegiatan penanaman bibit pohon cemara di pesisir yang berada di wilayah Kelurahan Srigading. Ia pun berharap, selain sebagai upaya penunjanb ekosistem laut, kedepan pohon cemara tersebut bisa menarik banyak wisatawan untuk berkunjung ke Pantai Samas.

“Kami atas nama Kelurahan Srigading mengucapkan banyak terima kasih kepada PLN beserta jajaran atas kegiatan penanaman bibit pohon cemara laut di wilayah kami. Mudah-mudahan, kedepannya bibit ini dapat tumbuh dengan baik dan membawa lebih banyak wisatawan hadir di Pantai Samas," ujar Sulistyantoro.

PLN Peduli sebagai program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PT PLN (Persero), terus memberikan dukungan terhadap kelestarian alam, sesuai dengan Sustainable Development Goals (SDGs). DIY sebagai provinsi dengan tingkat kunjungan wisatawan domestik tertinggi versi Goodstats per Agustus 2024, tentu harus dibarengi dengan peningkatan jumlah dan kualutas destinasi wisatanya.

Pundhi Nugrohojati, Manager PLN UP3 Yogyakarta menyampaikan bahwa PLN sebagai perusahaan yang memiliki hubungan langsung dengan alam dan juga dengan masyarakat, tentu berupaya memberikan berbagai bentuk tanggungjawabnya. Terlebih DIY sebagai provinsi yang dikenal memiliki destinasi wisata paling beragam, dari laut hingga gunung berapi.

“Hal ini sangat penting terkait pariwisata di DIY, karena Sebagai perusahaan yang memiliki tanggung jawab sosial dan lingkungan yang kuat, PT PLN (Persero) melalui program PLN Peduli terus berupaya memberikan kontribusi positif bagi masyarakat," ungkap Pundhi.

Kegiatan bertajuk Aksi untuk Bumi dengan melakukan penanaman 2500 bibit pohon cemara ini, lanjut Pundhi, merupakan upaya PLN untuk mendukung kembalinya ekosistem pesisir pantai, serta meningkatkan ekosistem ekonomi masyarakat pesisir Pantai.

"Karena dengan adanya pohon cemara di pesisir pantai, selain memberikan manfaat bagi alam, juga memberikan manfaat secara ekonomi bagi masyarakat sekitar. Pohon cemara yang rindang bisa menjadi wahana baru di pinggir pantai, sebagai peneduh maupun estetika, hal ini tentu bisa menarik lebih banyak wisatawan, akan banyak pula perputaran ekonomi yang terjadi," ujar Pundhi.

Pundhi pun berpendapat bahwa kegiatan ini diharapkan dapat menjadi contoh nyata tentang bagaimana kolaborasi antara berbagai pihak dapat memberikan dampak positif bagi pelestarian lingkungan dan pengembangan ekonomi lokal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jakarta Masuk 10 Besar Dunia dengan Kualitas Udara Terburuk Hari Ini

News
| Sabtu, 14 September 2024, 09:17 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement