Advertisement

Gapoktan Mergangsan Gelar Sarasehan untuk Tingkatkan Produktivitas Pertanian

Lugas Subarkah
Sabtu, 14 September 2024 - 06:37 WIB
Ujang Hasanudin
Gapoktan Mergangsan Gelar Sarasehan untuk Tingkatkan Produktivitas Pertanian Forum Gapoktan Kemantran Mergangsan mengikuti sarasehan, di Kelurahan keparakan, Rabu (11/9/2024). - ist Kemantren Mergangsan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Forum Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) se-Kemantren Mergangsan senantiasa meningkatkan produktivitas warga dalam pertanian, salah satunya melalui sarasehan Koordinasi Forum Gapoktan di Pendopo Bima Jaya Kelurahan Keparakan, Rabu (11/9/2024).

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Dinas Pertanian dan Pangan Kota Jogja dan melibatkan Mantri Pamong Praja Kemantren Mergangsan, Kepala Jawatan Kemakmuran, Lurah Keparakan dan Wakil Ketua Gapoktan serta anggota Gapoktan se-Kemantren Mergangsan.

Advertisement

Mantri Pamong Praja Kemantren Mergangsan, Pargiyat, menjelaskan sarasehan Gapoktan ini dilaksanalan rutin setiap tiga bulan sekali dengan tempat pertemuan bergiliran, yaitu di Kemantren Mergangsan dan di kelurahan se-Kemantren Mergangsan.

“Pertemuan semacam ini bertujuan untuk pembinaan dan menumbuhkan kelompok tani yang tergabung dalam Gapoktan serta untuk menguatkan program ketahanan pangan di wilayah Kemantren Mergangsan. Dengan harapan kelompok tani ini agar dapat terus bertahan dan terus bersinergi dengan para petugas penyuluh lapangan,” ujarnya dalam keterangan tertulis.

BACA JUGA: Lahan Pertanian Tinggal 50 Hektare, Warga Jogja Diminta Kembangkan Pertanian Lahan Sempit

Dengan keterbatasan lahan dan SDM di perkotaan, maka kawasan lingkungan penduduk di perkotaan yang berbasis kampung dapat dimanfaatkan sebagai sumber pangan melalui penanaman aneka sayuran dengan mempertimbangkan potensi dan kebutuhan masyarakat setempat.

“Konsep pemanfaatan tembok, dinding, jalan atau gang di lingkungan perkotaan sebagai lahan penanaman sayuran dengan tujuan menambah estetika dan memenuhi kebutuhan pangan di masyarakat,” paparnya.

Kelompok tani juga berperan dalam menunjang sektor pariwisata, yakni destinasi wisata edukasi pertanian perkotaan. Pihaknya senantiasa mengarahkan gapoktan agar terus menciptakan berbagai inovasi. misalnya membuat olahan dengan berbagai turunannya yang bisa menjadi buah tanganoleh-oleh bagi wisatawan yang datang.

Di akhir acara kegiatan Forum Gapoktan se Kemantren Mergangsan ini diadakan diskusi dan tanya jawab sebagai bentuk aktifitas kelompok tani degann berbagi pengalaman sebagai anggota kelompok tani  dalam mengelola pertanian di lingkunganya masing-masing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa di Bandung Menyebabkan Sejumlah Kerusakan, Berikut Sejumlah Video yang Tersebar di Medsos

News
| Rabu, 18 September 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement