Advertisement

Pilkada Sleman, Harda-Danang dan Kustini-Kamto Kompak Mendaftar di Hari Terakhir Pendaftaran

David Kurniawan
Rabu, 28 Agustus 2024 - 15:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Pilkada Sleman, Harda-Danang dan Kustini-Kamto Kompak Mendaftar di Hari Terakhir Pendaftaran Kantor KPU Pusat / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati di Pilkada Sleman akan ditutup Kamis (29/8/2024). Di hari terakhir sepertinya akan menjadi hari tersibuk karena dua pasangan calon bakal menyerahkan berkas pendaftaran.

Anggota KPU Sleman Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilihan, Noor Aan Muhlishoh mengatakan, hingga hari kedua pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati belum ada pasangan yang mendaftar. Meski demikian, ia tidak khawatir karena layanan akan dibuka hingga Kamis sekitar pukul 23.59 WIB.

Advertisement

“Kami masih menunggu datangnya pasangan calon yang mendaftar hingga pendaftaran ditutup,” kata Aan, Rabu (28/8/2024).

Menurut dia, sudah ada informasi dari tim pasangan calon, bahwa di hari terakhir akan ada dua pasangan yang mendaftar. Rencananya pasangan Harda Kiswaya-Danang Maharsa mendaftar pada Kamis pagi.

Adapun Kustini Sri Purnomo dengan pasangannya mendaftar pada Kamis siang. “Pemberitahuan sudah diterima dan kami akan menunggu saat proses penyerahan berkas sesuai dengan yang diunggah di aplikasi pencalonan,” katanya.

Aan mengungkapkan, proses pendaftaran kali ini berbeda dengan penyelenggaraan di Pilkada 2020. Saat itu sedang terjadi pandemi corona sehingga ada pembatasan relawan atau simpatisan yang datang ke Kantor KPU.

Namun, sambung dia, untuk saat ini tidak ada pembatasan terhadap relawan atau simpatisan yang akan ikut mengiringi pasangan calon mendaftar ke KPU. Hanya saja, pada saat proses penyerahan berkas tidak diperbolehkan masuk karena yang diperbolehkan calon hanya pasangan calon, pimpinan parpol pengusung, admin dan tim penghubung.

“Untuk sisanya harus berada di luar kantor KPU,” katanya.

Ketua Koalisi Sleman Baru yang mengusung pasangan Harda-Danang, Koeswanto membenarkan akan mendaftar pada Kamis sekitar pukul 10.00 WIB. Menurut dia, pasangan yang diusung mendapatkan dukungan besar karena tidak hanya oleh PDI Perjuangan, tapi ada dari Gerindra, Golkar, NasDem, PPP.

Selain itu, Koeswanto juga mengklaim pasangan Harda-Danang mendapatkan dukungan  dari partai nonparelemen seperti Partai Buruh dan PSI. “PKB dan PKS juga masuk dalam koalisi,” katanya.

Terpisah, Sekretaris DPD PAN Sleman, Inoki Azmi Purnomo mengatakan, Bakal Calon Bupati Kustini Sri Purnomo dengan pasangan akan mendaftar pada Kamis sekitar pukul 15.00 WIB. Meski demikian, ia masih enggan membeberkan konsep dari proses pendaftaran oleh pasangan yang diusung.

“Termasuk wakilnya baru kami umumkan jelang pendaftaran ke KPU,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Truk Molen Tersangkut Jembatan Kereta Api di Jakarta Timur, Begini Penampakannya

News
| Sabtu, 14 September 2024, 04:07 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement