Advertisement

Pilkada Kota Jogja, Heroe-Pena Unggulkan 11 Program Prioritas

Media Digital
Kamis, 29 Agustus 2024 - 23:07 WIB
Arief Junianto
Pilkada Kota Jogja, Heroe-Pena Unggulkan 11 Program Prioritas Bakal Calon Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi didampingi bakal calon wakil Wali Kota Yogyakarta, Sri Widya Supena, menyerahkan berkas pendaftaran yang diterima Ketua KPU Kota Yogyakarta, Noor Harsya Aryosamudro, di kantor KPU Kota Yogyakarta, Kamis (29/8/2024). - Alfi Annisa Karin

Advertisement

JOGJA—Bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi dan Sri Widya Supena (Heroe-Pena), menggelar deklarasi di Gedung Poenokawan, Jalan KH Ahmad Dahlan, Kamis (29/8). Deklarasi ini dilakukan sebagai wujud kesiapan Heroe-Pena untuk maju pada kontestasi Pilkada Kota Yogyakarta 2024.

Ada delapan partai politik (parpol) yang mengusung pasangan Heroe-Pena, masing-masing Partai Amanat Nasional (PAN), Nasdem, Demokrat, Gelora, PKN, Hanura, Garuda, dan Perindo.

Advertisement

Sebelum deklarasi digelar, Heroe Poerwadi terlebih dahulu menyambangi Masjid Gede Mataram Kotagede. Dia bersama sejumlah kader Partai Nasdem menjalankan ibadah Salat Duha.

Selanjutnya, Heroe menuju ke Masjid Gedhe Kauman untuk menghampiri Supena yang juga menjalankan Salat Duha di Masjid Gedhe Kauman. Selanjutnya, Heroe dan Supena bersama-sama menuju ke Gedung Poenokawan untuk menggelar deklarasi.

Pada momentum deklarasi ini, Heroe Poerwadi menjabarkan 11 program prioritas yang akan diperjuangkannya, di antaranya penuntasan masalah sampah, penyediaan hunian nyaman bagi masyarakat dan keluarga muda, penataan zonasi pendidikan, hingga pemberian beasiswa sampai pendidikan tinggi.

Heroe-Pena juga akan mengembangkan pusat-pusat inkubasi bisnis bagi anak muda, melakukan optimalisasi manajemen transportasi terintegrasi, pengembangan Jogja Night Market, serta pengembangan kawasan Kota Yogyakarta bagian selatan.

"Kami akan memperkuat Kota Yogyakarta sebagai kota ramah anak, lansia, perempuan, dan difabel. Meningkatkan ketersediaan lahan makam dan santunan kematian, memperkuat Kota Yogyakarta sebagai Kota Festival, hingga optimalisasi jaga warga dan pemasangan CCTV berbasis wilayah," kata Heroe saat deklarasi di Gedung Poenokawan, Kamis.

Heroe mengaku sengaja mengusung 11 program prioritas. Sebab, jika terpilih nanti dia bersama Supena akan menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Yogyakarta yang ke-11.

Tak Pernah Ingkar Janji

Ditemui seusai pendaftaran di KPU Kota Yogyakarta, Heroe menyebut proses pendaftaran berjalan dengan lancar. Dia dan Supena optimistis bisa meraih suara mayoritas.

Mesin partai pendukung hingga sukarelawan siap untuk membantu pemenangannya. Heroe menambahkan, kontestasi Pilkada Kota Yogyakarta 2024 lebih menonjolkan sosok figur ketimbang parpol.

Dia meyakini, masyarakat bisa memilih figur yang bisa membawa Kota Yogyakarta ke arah yang lebih baik. "Meski di dalam kelompok masyarakat banyak yang beririsan, saya yakin masyarakat cerdas. Mana yang bisa membawa Kota Yogyakarta lebih baik, sehingga slogan Jogja untuk Kita, Jogja untuk Semua akan membuat seluruh lapisan masyarakat mempunyai kesempatan untuk memilih," katanya.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD PAN Kota Yogyakarta, Mohammad Sofyan, menuturkan 11 program strategis Heroe-Pena turut diterbangkan oleh 11 ekor merpati putih. Menurutnya, merpati putih punya simbol tidak pernah ingkar janji.

Setelah deklarasi, Heroe-Supena kemudian melaksanakan ibadah Salat Duhur di Masjid Noor di Jalan Pakuningratan, Jetis, Kota Yogyakarta.

Keduanya menuju Masjid Noor dengan menaiki becak listrik. Becak listrik yang dinaiki oleh Heroe-Supena ini menjadi simbol perhatian keduanya terhadap energi yang ramah lingkungan.

Selain itu, deklarasi juga menggunakan sampah daur ulang plastik sebagai panggung. Ini merupakan simbol sekaligus wujud komitmen Heroe- Supena untuk menyelesaikan masalah sampah di Kota Yogyakarta. Senada dengan Heroe, Sofyan juga mengaku optimistis pasangan Heroe- Pena akan memenangkan kontestasi Pilkada Kota Jogja 2024.

"Kami tidak hanya ingin berkoalisi dalam upaya pemenangan, tidak hanya dengan partai pengusung dan pendukung. Tapi kami juga ingin betul-betul ingin berkomitmen koalisi kami lima tahun permanen dengan rakyat," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Polemik Akun Fufufafa, Jimly: Adu Domba Prabowo-Gibran

News
| Sabtu, 14 September 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement