Advertisement

Wuih! Tanah Terdampak Proyek Tol Jogja-Solo di Sendangadi Dihargai sampai Rp16 Juta Per Meter

Catur Dwi Janati
Selasa, 03 September 2024 - 18:57 WIB
Arief Junianto
Wuih! Tanah Terdampak Proyek Tol Jogja-Solo di Sendangadi Dihargai sampai Rp16 Juta Per Meter Kepala Kantor Wilayah BPN DIY, Suwito ketiga dari kiri dalam kegiatan pencairan pembayaran ganti rugi dan pelepasan hak atas objek pengadaan tanah Tol Jogja-Solo-YIA di Kalurahan Sendangadi, Selasa (3/9/2024). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Uang pembayaran ganti rugi dan pelepasan hak atas obyek pengadaan tanah untuk pembangunan Tol Jogja-Solo-YIA Seksi 2 di wilayah Kalurahan Sendangadi mulai dicairkan awal September ini. Adapun, nilai per meter tanah yang dibebaskan terbilang fantastis, ada yang mencapai Rp16 juta per meter.

Kepala Kantor Wilayah BPN DIY, Suwito mengungkapkan jumlah ganti rugi terbesar dalam pembayaran ganti rugi kali ini berkisar di angka Rp4 miliar. Akan tetapi untuk harga tanah per meternya, ada lokasi yang dihargai hingga Rp16 juta per meter. "Per meter Rp16 juta di Ring Road. Itu nilai tanah saja, kan ada bangunan ada macam-macam," kata Selasa (3/9/2024).

Advertisement

Meski tergolong fantastis, masih ada nilai tanah per meter yang mengungguli torehan tersebut. Di Maguwo, harga tanah terdampak tol per meternya bisa mencapai Rp20 juta. "Ada [lebih tinggi] Maguwo, daerah sekitar Lotte Mart itu kurang lebih Rp15juta-Rp20 juta," kata dia. 

BACA JUGA: Tol Jogja-Solo Ruas Trihanggo-Junction Sleman Melayang di Atas Ringroad Mulai Dibangun, Ini Jalur Alternatif Hindari Kemacetan

Pertimbangan harga fantastis tersebut tak lepas dari letak bidang tanah yang berada di pinggir jalan nasional. "Iya deket Jalan Nasional," ucap dia. 

Suwito memprediksi harga tanah per meternya akan makin tinggi ketika mendekati area UGM atau Jl. Kaliurang. "Nanti mungkin semakin ke tengah ke UGM makin mahal lagi. Kalau ring road sini sama timur hampir sama lah. Nanti paling puncaknya itu ya Jl. Kaliurang," ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ribuan Mahasiswa Unhan Ditetapkan Jadi Komcad Matra Darat

News
| Kamis, 19 September 2024, 04:57 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement