Advertisement

Kedepankan Kebersamaan dan Peningkatan Soft Skill, PPTMB ITNY Berlangsung Meriah

Media Digital
Rabu, 11 September 2024 - 18:37 WIB
Arief Junianto
Kedepankan Kebersamaan dan Peningkatan Soft Skill, PPTMB ITNY Berlangsung Meriah Pelaksanaan PPTMB ITNY pada Rabu (11/9/2024). - Catur Dwi Janati

Advertisement

SLEMAN—Mengedepankan masa orientasi mahasiswa baru yang penuh dengan materi peningkatan soft skill dan nuansa kebersamaan, Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) menggelar Pengenalan Pendidikan Tinggi bagi Mahasiswa Baru (PPTMB) 2024 dengan semarak. 

Ketua Pelaksana PPTMB ITNY, Al Hussein Flowers Rizqi menjelaskan secara umum PPTMB 2024 terbagi dalam dua sesi.

Advertisement

Sesi pertama Pra PPTMB digelar 4-6 September 2024 dan sesi inti PPTMB yang dilaksanakan 9-11 September. Tercatat ada 555 mahasiswa baru dari program S1 dan D3 ITNY mengikuti PPTMB 2024.

"Kegiatan PPTMB sendiri melingkupi lokakarya, seminar, campus tour, pengenalan UKM atau HM Expo dan diakhiri pentas seni di akhir event," kata Flo, sapaan akrabnya saat ditemui di Kampus ITNY, Rabu (11/9/2024).

Digelar dengan mengedepankan pembekalan soft skill dan pengenalan lingkungan kampus yang menyenangkan, PPTMB ITNY, kata Flo, menjadi ajang adaptasi mahasiswa baru. Lewat PPTMB, para mahasiswa baru dapat mengenal lingkungan kampus beserta beragam sarananya.

"Tujuannya sendiri untuk PPTMB jelas yang pertama untuk memberi adaptasi kepada mahasiswa supaya dia bisa mengenal lingkungan kampus, dosen, civitas kampus sampai ke para laboran daj karyawan," kata dia. 

Harapannya, ketika para mahasiswa baru tadi telah mengenal lingkungan kampusnya dengan baik, mahasiswa bisa mudah mengikuti aktivitas akademik maupun nonakademik di kampus nantinya.

Banyaknya kegiatan yang syarat akan kerja sama antarmahasiswa juga sengaja disuntikkan dalam PPTMB agar mampi memupuk kebersamaan dalam menjalani perkuliahan. "Memupuk rasa persahabatan, kami juga ada beberapa tugas yang saling mengenal untuk sesama mahasiswa maupun panitia," ujar Flo.

Tahun ini, PPTMB mengusung tema digitalisasi dalam rangkaian acaranya. Tema ini kata Flo dipilih karena era digital yang lekat saat ini.

Mahasiswa baru juga dituntut mampu menghadapi zaman yang serba digital. Hal ini juga selaras dengan tagline yang diusung dalam PPTMB yakni Engineering in The Future, Smart, Creative and Innovative."

"Sehingga untuk nama-nama kelompok pun kami juga pakai software yang sering digunakan untuk mahasiswa teknik," terangnya. 

Salah satu peserta PPTMB ITNY, Charmelia Divina Eka Mutiara Mumpel merasa agenda PPTMB yang digelar begitu seru. Mahasiswa baru program studi Teknik Pertambangan tersebut juga mengatakan bila PPTMB yang dilaksanakan banyak memberikan wawasan kepada mahasiswa yang akan menjalani studinya. 

"Menurut aku sangat seru, berbagai macam materi memberi wawasan luas kepada kita sebagai mahasiswa bagaimana teknis atau langkah-langkah untuk berkuliah, dari pengenalan fakultas, prodi sampai ke himpunan-himpunannya," ucap dia. 

Selain itu, dia Charmelia menilai PPTMB dikemas dengan cara yang sangat kretif sehingga membuat mahasiswa tidak jenuh mengikuti setiap rangkaian agenda dalam PPTMB. “Acaranya dilakukan dengan sangat kreatif segingga membuat mahasiswa tidak bosan akan setiap hari-hari PPTMB selama kurang lebih enam hari mulai dari pra sampai sekarang PPTMB hari terakhir.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kian Santer, Begini Utak Atik Nama Menteri di Kabinet Prabowo

News
| Selasa, 17 September 2024, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Wisata Kampung Belgia di Jember Tawarkan Agrowisata Heritage

Wisata
| Minggu, 15 September 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement