Advertisement

Usung Tema "Tilik Banyu" HUT ke-32 PDAM Tirta Sembada, Ajak Masyarakat Menjaga Ketersediaan Air

Ujang Hasanudin
Selasa, 17 September 2024 - 11:47 WIB
Ujang Hasanudin
Usung Tema Direktur Utama PDAM Tirta Sembada Sleman. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN - Bertepatan momen HUT ke-32 Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Sembada Kabupaten Sleman, pihaknya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk lebih peduli dan bertanggung jawab menjaga keberlanjutan sumber daya air.

Peringatan hari jadi perusahaan daerah di tahun 2024 ini mengusung tema "Tilik Banyu", puncak acara akan digelar pada 2 November 2024.

Advertisement

"Jadi ketersediaan air itu tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah semata, namun masyarakat juga, karena air itu kebutuhan hajat orang banyak," ujar Direktur Utama PDAM Tirta Sembada Sleman dalam keterangan tertulisnya, Dwi Nurwata, Selasa (17/9/2024).

Menurut Dwi, melalui tema "Tilik Banyu" diharapkan dapat mendorong kesadaran masyarakat bahwa air merupakan milik publik yang harus dilindungi bersama. Sehingga air bisa memenuhi standar baku mutu untuk penyediaan air minum.

"Dengan tema Tilik Banyu diharapkan menyadarkan masyarakat bahwa air iku milik kita semua, harus dilindungi oleh kita semua," jelas Dwi.

Rangkaian kegiatan HUT akan disemarakan dengan sejumlah acara, antara lain penanaman pohon, edukasi dan sosialisasi konservasi sumber dara air dan lomba-lomba berkaitan pembuatan konten kampanye air dan perlombaan olahraga.

BACA JUGA: PDAM Sleman Borong 2 Penghargaan Top BUMD Awards 2024

"Salah satu indikator masyarakat yang belum memahami pentingnya air seperti membuang sampah di sungai atau di mata air, peternakan yang kotoran dialirkan ke sungai, penebangan pohon di sekitar sumber air, hal-hal semacam itu perlu diedukasi, "timpalnya.

Secara regulasi, di dalam Undang-undang Lingkungan Hidup dan Peraturan Gubernur DIY telah diatur berlaku bagi setiap lembaga dan perorangan dalam pemanfaatan air.

" Itu ada sanksinya, berapa besar sanksi tergantung seberapa tingkat kerusakan, seperti pembalakan hutan itu kan merusak lingkungan,"jelasnya.

Pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan dan berkontribusi nyata terhadap masyarakat dan daerah.
"Dalam rangka HUT ke-32 ini kita juga akan memberikan diskon biaya pasang baru, yang dulu biayanya Rp 1,5 juta menjadi Rp 750 ribu," sambungnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

139 Penumpang dan Awak Kapal yang Kecelakaan di Perairan Wawonii Berhasil Dievakuasi

News
| Kamis, 19 September 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement