Advertisement

Pameran Yogyakomtek 2024 Jadi Ajang Adu Canggih Komputer Berteknologi AI

Newswire
Kamis, 19 September 2024 - 00:17 WIB
Sunartono
Pameran Yogyakomtek 2024 Jadi Ajang Adu Canggih Komputer Berteknologi AI Ketua Apkom Jogja, Eka Wibawa (tengah). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogjacom, JOGJA—Pameran komputer terbesar Yogyakomtek 2024 kembali digelar di JEC pada Sabtu (21/9/2024) hingga Rabu (25/9/2024). Pameran komputer legendaris ini akan menjadi ajang adu kecanggihan para brand komputer dengan teknologi berbasis Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Ketua Apkom Jogja, Eka Wibawa mengakui bahwa pameran kali memang jadi ajang adu kecanggihan setiap merek komputer yang saat ini rata-rata sudah menggunakan AI. Oleh karena itu kali ini pameran mengangkat tema AI For You. Hal ini sejalan dengan teknologi AI tengah menjadi buah bibir seluruh masyarakat Indonesia dan sudah banyak masyarakat yang menggunakan AI dalam aktivitasnya.

Advertisement

BACA JUGA : AI Memicu Gelombang PHK, Perlukah Dunia Bisnis Panik?

"Selain itu kami melihat AI ke depannya akan menjadi bagian dari pekerjaan kita, saat ini sudah banyak sekali bagian-bagian pekerjaan yang diselesaikan dengan bantuan AI. Oleh karena itu, melalui event pameran ini kami ingin memberikan pemahaman terkait implikasi dan implementasi teknologi AI kepada masyarakat," katanya, Rabu.

Ia mengatakan melalui pendekatan event and experience, pengunjung diharapkan lebih mengenal, memahami dan mengalami AI melalui sejumlah aktivitas acara yang disajikan antara lain: Demo aplikasi AI, talkshow dan orkshop AI.

"Kami menargetkan 50 ribu pengunjung. Mungkin ini masih menjadi event terbesar, terlengkap diikuti 70 brand terkenal. Ada PC Desktop, Notebook, Printer, Scanner, Projector, Tablet, Interactive Flat Panel, Display Monitor, Peripherals Komputer, smartphone beserta aneka ragam aksesoris komputer. Sebagian besar yang dihadirkan selalu aktual," katanya.

Ketua Panitia Yogyakomtek 2024, Fakhrurozi menambahkan selain pameran akan ada kompetisi robotik dan e-sport yang juga sarat dengan AI. Kompetisi Robotik menjadi salah satu acara unggulan bekerja sama dengan Taman Pintar Yogyakarta, acara ini akan diikuti para pelajar (SD dan SMP sederajat) dari berbagai kota di Indonesia.

"E-Sport juga menjadi salah satu rangkaian acara yang menjadi daya tarik tersendiri. Bekerja sama dengan tim dan Brand Ambassador dari 16 kampus di Jogja, kompetisi E-Sport akan memainkan empat game yaitu Valorant, Mobile Legend, Taken, dan Free Fire. Selain itu terdapat acara lain yang tidak kalah menarik seperti Workshop Fotografi, Kompetisi Overclocking," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Usai Tes Wawancara 40 Peserta Capim dan Dewas KPK, Ini Tahapan yang akan Dilakukan Pansel

News
| Sabtu, 21 September 2024, 06:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Tempat-Tempat Wisata di Vietnam yang Jadi Favorit Wisatawan

Wisata
| Kamis, 19 September 2024, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement