Advertisement

Anggota DPRD Bantul, Dodi Purnomo Jati Siap Kawal Aspirasi Masyarakat

Media Digital
Jum'at, 20 September 2024 - 19:07 WIB
Maya Herawati
Anggota DPRD Bantul, Dodi Purnomo Jati Siap Kawal Aspirasi Masyarakat Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bantul dari Fraksi PDI Perjuangan, Dodi Purnomo Jati, S.E, M.A.P

Advertisement

BANTUL—Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bantul dari Fraksi PDI Perjuangan, Dodi Purnomo Jati, S.E, M.A.P menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Bantul, khususnya daerah pemilihan (Dapil) 5 yang telah mendukungnya sehingga ia terpilih menjadi wakil rakyat di DPRD Bantul periode 2024-2029. Ia dilantik jadi anggota DPRD Bantul pada 13 Agustus 2024 lalu.

Dodi Purnomo Jati merupakan anggota DPRD Bantul dari Dapil 5 yang mencangkup Kapanewon Srandakan, Sanden, Pandak, dan Pajangan dalam Pileg Februari 2024 lalu dengan perolehan suara 11.222 suara. Jumlah suara tersebut rekor terbanyak kedua di Pileg 2024 setelah Hanung Raharjo yang kini jadi ketua sementara DPRD Bantul.

Advertisement

Dodi mengatakan apa yang telah diamanatkan oleh masyarakat akan ia jalankan sepenuh hati. Pria kelahiran Bantul 23 Oktober 1985 itu siap mengawal semua aspirasi masyarakat Bantul, khususnya di Dapil 5. “Sejak awal mencalonkan diri menjadi anggota DPRD Bantul adalah niat ingsun mengabdi untuk masyarakat,” ucapnya, Jumat (20/9/2024).

Ia mengungkapkan banyak yang akan ia perjuangkan di Dewan Bantul, namun saat ini ia mengakui belum maksimal karena alat kelengkapan dewan (Alkap) yang membagi keputusan tiap anggota DPRD masih belum terbentuk, dan akan terbentuk setelah pilkada 2024 mendatang.

Namun beberapa persoalan yang diserap dalam sejumlah pertemuan dengan masyarakat terkait dengan ketahanan pangan, kesejahteraan petani, pengembangan pertanian yang bisa meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya petani.

Kemudian juga soal pariwisata, menurutnya pariwisata Bantul menjadi penopang kedua setelah pertanian yang harus diperhatikan karena bisa berdampak pada pertumbuhan ekonomi jika terus dikembangkan. Terlebih Bantul akan menjadi halaman depan Daerah istimewa Yogyakarta sebagaimana yang disampaikan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.

BACA JUGA: Siap-Siap! BMKG Sebut Ada Potensi Hujan Ringan di Sleman dan Kulonprogo 2 Hari ke Depan

Bahkan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) juga akan tersambung dalam waktu dekat. Sehingga harus menjadi perhatian agar masyarakat setempat tidak hanya sebagai penonton.

“Kami dorong pengembangan wisata supaya pendapatan daerah dari sektor ini terus meningkat dan ujungnya untuk kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Meski orang baru di DPRD Bantul, namun Dodi mengaku sudah terbiasa dalam berorganisasi sehingga tidak kaget lagi dalam mengawal aspirasi masyarakat dan program pembangunan daerah. Sejak lama Dodi malang melintang di kepengurusan PDI Perjuangan, mulai dari ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Srandakan, pengurus badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDI Perjuangan. Sampai saat ini Dodi masih tercatat sebagai kader aktif PDI perjuangan.

Di luar partai suami dari Lurida Zinta ini juga aktif di beberapa organisasi, salah satunya yang masih ia jabat sampai sekarang adalah Bendahara Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) BPC Bantul. ia juga sempat menjabat sebagai wakil lurah Paserbumi atau pendukung setia Persiba Bantul.

Dodi mengungkapkan sebenarnya dorongan untuk ikut mencalonkan diri jadi anggota DPRD bantul sudah ada sejak 2014 lalu dari masyarakat maupun keluarga, namun dirinya saat itu masih ragu.

Pada 2024 dukungan masyarakat kembali muncul sehingga menguatkannya untuk mencalonkan diri hingga akhirnya terpilih dengan suara yang cukup fantastis yang tidak terkira sebelumnya.

“Sejak dulu saya memang sering turun ke bawah menyerap aspirasi masyarakat. Sekarang pun saya masih dan akan terus terjun ke masyarakat. karena sejak awal niat ingsun adalah mengabdi untuk masyarakat,” katanya.  

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ingin Rumah Sakit Curangi Dana BPJS Didenda 300 Persen dari Kerugian

News
| Jum'at, 20 September 2024, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Tempat-Tempat Wisata di Vietnam yang Jadi Favorit Wisatawan

Wisata
| Kamis, 19 September 2024, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement