Advertisement

Jawab Kritik dengan Penampilan Apik, Cerita Hokky Caraka Saat Dua Golnya Taklukkan Singo Edan

Catur Dwi Janati
Sabtu, 21 September 2024 - 20:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Jawab Kritik dengan Penampilan Apik, Cerita Hokky Caraka Saat Dua Golnya Taklukkan Singo Edan Penampilan memukau penyerang PSS Sleman, Hokky Caraka saat berhadapan dengan Arema FC pada Jumat (20/9/2024) di Stadion Manahan Solo. - Istimewa // PSS Sleman 

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN– Aksi brace atau dwigol yang diciptakan penyerang muda PSS Sleman, Hokky Caraka dalam laga kontra Arema FC pada Jumat (20/9/2024) sore, sungguh emosional bagi pemuda asal Ponjong, Gunungkidul tersebut.
Tak hanya berkontribusi pada kemenangan pertama PSS dan membawa PSS keluar dari posisi minus, dua gol berkelas Hokky juga seakan menjawab kritikan yang kerap dialamatkan padanya. Hokky bahkan tak sanggup membendung air matanya usai mencetak gol dan membawa Super Elang Jawa terbang dari dasar klasemen. 

"Perasaan dari diri saya sangat bahagia dan juga sedih karena bisa cetak gol buat kemenangan Sleman di klasemen sementara," kata Hokky usai laga, Sabtu (21/9/2024)

BACA JUGA: Liga 1 PSS Permalukan Singo Edan 3-1, Hokky Menggila Cetak Brace

Advertisement

Pergerakan Hokky sepanjang laga memang cukup merepotkan. Beberapa kali dirinya mampu lepas dari penjagaan hingga membuat barusan pertahanan Singo Edan cukup kewalahan. 

Saat PSS telah unggul 1-0, Hokky membantu tim untuk memperlebar jarak dengan gol sensasional di menit ke-38. Menerima umpan setengah melambung dari Wahyudi Hamisi, Hokky yang dalam posisi membelakangi gawang melakukan satu dua sentuhan kontrol bola sembari berbalik badan melepaskan tendangan. Tak pelak bola tendangan Hokky ini pun melesat ke sudut kiri gawang Arema tanpa mampu dihalau penjaga gawang.

Gol pertama Hokky di BRI Liga 1 di musim 2024/2025 jelas masuk dalam jajaran gol berkelas. Akurasi, timing dan insting seorang ujung tombak, nampak tergambar dalam gol ini. 

Saking emosionalnya usai merayakan gol spektakulernya, Hokky tertenduk di sudut lapangan. Jersei kebanggaannya ia tarik menutupi sebagian mukanya. Hokky tak kuasa menahan haru atas gol yang telah ia ciptakan. 

BACA JUGA: Babak I PSS Vs Arema 2-0, Hokky Caraka Cetak Gol Indah

Arema sempat memperkecil ketertinggalan di babak kedua, sayangnya hanya satu menit berselang lagi-lagi Hokky menunjukkan aksi yang memukau. Kali ini pemain bernama lengkap Hokky Caraka Bintang Brilliant tersebut mengirimkan sebuah sundulan yang mengarah ke sudut jauh gawang Arema.

Gol ini diawali dari pergerakan Chang-Jin Moon di sisi kiri pertahanan Arema. Hokky yang berada di kotak penalti berhasil lepas dari penjagaan pemain bertahan Singo Edan dan menerima umpan dari gelandang PSS, Chang Jin Moon dengan sebuah sundulan kepala terukur.

Bola tandukan, Hokky mengarahkan bola tepat ke sisi kanan kiper Arema. Tandukannya membuat bola seolah terpelintir sebelum akhirnya mengenai bagian dalam tiang gawang dan berujung gol di menit ke-54. 

Dari gol kedua Hokky, penyerang Timnas Indonesia itu menunjukkan teknik Flick Header yang terukur dan terarah, bukan sundulan asal-asalan yang ditanduk sekenanya. Selain itu gol ini juga syarat akan positioning yang matang dari Hokky. Dirinya mampu mencari celah dan keluar dari penjagaan sebelum melepaskan tandukan akurat. 

Dua gol yang Hokky dicetaknya dari dua cara yang berbeda, menunjukkan potensi sang pemain di posisi ujung tombak. Tak hanya terus berkembang pada segi akurasi dan teknik, Hokky menunjukkan ketajaman insting, timing, maupun positioning saat mengambil keputusan. Berkatnya, PSS mampu meraih kemenangan pertamanya dengan skor 3-1 atas Arema.

Usai laga, kamera televisi sempat menyorot Hokky yang terduduk di kursi pemain. Ia menutupi mukanya dengan kain yang nampaknya sebuah handuk. Sesekali tanggannya juga menutupi area matanya dengan tangan. Pemain yang dinobatkan sebagai Man Of The Match dan berkontribusi banyak dalam laga itu tak kuasa menahan harunya usai berhasil membawa PSS menang lewat dua golnya.

Kepada awak media, Hokky tak menampik jika dua gol yang ia ciptakan membuatnya merasa senang sekaligus sedih. Senang karena bisa mengantarkan PSS meraih kemenangan pertamanya dan menjadi sangat emosional lantaran dirinya telah mendapatkan banyak tekanan.

Dua gol berkelas yang diciptakan Hokky seperti menjawab kritikan dan keraguan yang terus menerus diarahkan padanya. "Dua gol ini bikin saya nangis tadi, karena sudah banyak sekali tekanan dimana-mana," katanya.

Penampilannya yang beringas di dalam lapangan disebut Hokky tak lepas dari polesan Pelatih Striker Timnas Indonesia, Yeom Ki-hun dan arahan dari tim pelatih PSS.

"Ya memang sebelum balik dari timnas dapat beberapa ilmu dari pelatih striker di Timnas. Tapi kemarin dua hari yang lalu memang dikasih beberapa tips biar teknik shooting-nya jadi lebih baik dari coach Wagner dan coach Gabriel," ungkapnya. 

Tak egois, Hokky berharap kontribusi golnya bagi tim bisa menjadi batu lompatan untuk PSS ke depannya. "Semoga bisa menjadi batu lompatan buat tim PSS ke depan," tandasnya. 

Permainan cemerlang Hokky dalam laga kontra Arema juga segera mendapat respons dari jagad dunia maya. Di akun instagram Hokky, sejumlah pemain Timnas nampak membubuhkan komentar. 

Para pemain seperti Calvin Verdonk, Nathan Joe, Jay Idzes, Oratmangoen, Witan Sulaimain hingga Pelatih Striker Timnas Indonesia, Yeom Ki-hun terlihat memberi tanggapan pada kolom komentar Hokky di instagram. Pelatih Striker Timnas Indonesia, Yeom Ki-hun bahkan menuliskan kalimat "Kamu keren sekali hari ini Hokky." 

Sementara Egy Maulana Vikri menyebut "Erling Caraka" yang merujuk pada striker tajam milik Manchester City, Erling Haaland. Komentar ini pun lantas balik ditanggapi Hokky dengan kalimat "Egy Messi" kepada Egy Maulana Vikri.

Soal brace dari penyerang mudanya, Pelatih Kepala PSS, Wagner Lopes mengucapkan selamat kepada Hokky Caraka yang telah membantu timnya meraih kemenangan. 

"Selamat buat Hokky mencetak dua gol untuk timnya, untuk permain semua, selamat buat mereka," tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Koruptor Ajukan PK, Hakim Diingatkan Tidak Meringankan Hukuman Maming

News
| Sabtu, 21 September 2024, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Tempat-Tempat Wisata di Vietnam yang Jadi Favorit Wisatawan

Wisata
| Kamis, 19 September 2024, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement