Advertisement

Satlantas Polresta Sleman Bikin Inovasi Sigap untuk Tertib Berlalulintas

David Kurniawan
Senin, 23 September 2024 - 20:47 WIB
Sunartono
Satlantas Polresta Sleman Bikin Inovasi Sigap untuk Tertib Berlalulintas Kasatlantas Polresta Sleman, AKP Fikri Kurniawan (tengah) saat memberikan keterangan pada awak media. Senin (23/9/2024).Harian Jogja - David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Jajaran Satlantas Polresta Sleman berkomitmen untuk mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas di wilayah Bumi Sembada. Selain terus melakukan sosialisasi keselamatan berlalullintas, juga ada inovasi program Sigap yang merupakan kepanjangan dari Polisi Siaga Pencegahan Pelanggaran.

Kasatlantas Polresta Sleman, AKP Fikri Kurniawan mengatakan, baru bertugas di Polresta Sleman selama tiga minggu. Kendati demikian, ia berjanji akan melakukan berbagai inovasi agar angka kecelakaan maupun pelanggaran lalu lintas yang ada bisa ditekan.

Advertisement

“Untuk kecelakaan lalu lintas antara Sleman dengan Bantul beda-beda tipis kasus per bulannya. Yang jelas, upaya menggalakan tertib lalu lintas terus dilakukan untuk mengurangi risiko kecelakaan di jalan raya,” kata Fikri kepada wartawan, Senin (23/9/2024).

Dia menjelaskan, salah satu program yang disiapkan adalam inovasi Sigap. Sesuai dengan kepanjangannya Polisi Pencegah Pelanggaran, maka kegiatan patrol akan ditingkatkan intesitasnya.

Hanya saja, tindakan lebih ke preemtif terhadap pelaku pelanggaran lalu lintas. Yakni, pengendara yang melakukan pelanggaran tidak langsung ditilang karena ditegur agar tidak mengulangi kesalahan yang sama dan melengkapi kekuarang dari pelanggaran yang dilakukan.

“Misal knalpot blombongan. Kami tegur, tapi juga harus diganti dengan yang aslinya. Terus juga ada surat pernyataan untuk tidak mengulanginya,” kata Fikri.

Diharapkan dengan adanya inovasi dan sosialisasi rutin tentang keselamatan berlalulintas, maka angka kecelakaan di Sleman bisa ditekan seminimal mungkin. “Kami terus ingatkan bahwa kecelakaan tidak hanya merugikan diri sendiri, tapi juga orang lain,” kata mantan Kasatlantas Bantul ini.

Wakasatlantas Polresta Sleman, AKP Arfita Dewi mengatakan, upaya sosialisasi melalui edukasi ke Masyarakat terus digalakkan sehingga angka kecelakan bisa ditekan. Meski demikian, ia juga meminta kepada Masyarakat ikut berperan, salah satunya terus tertib berlalulintas pada saat di jalan raya.

“Sosialisasi tentang keselamatan berlalulintas akan kami jalankan sehingga kesadaran Masyarakat tentang tertib berlalulintas bisa terus ditingkatkan,” katanya.

Selain terus menyosialisasikan keselamatan berlalulintas, Fita mengakui didalam menjalankan ketugasannya juga sangat membutuhkan kritik dan saran dari Masyarakat. Hal ini penting untuk bisa meningkatkan kualitas pelayanan.

“Masukan atau kritik ini penting untuk perbaikan, tapi harus dilengkapi dengan bukti yang memperkuat apa yang jadi dikritik sehingga tidak terkesan asal-asalan,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sri Mulyani: Pendapatan Negara Terkumpul Rp1.777 Triliun Per Agustus 2024

News
| Senin, 23 September 2024, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Wisata Kuliner, Berikut Ini Jajanan dari Semarang yang Wajib Dicoba Wisatawan

Wisata
| Jum'at, 20 September 2024, 20:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement