Advertisement

RSUD Sleman Menggelar In-House Training Code Stroke, Ini Tujuannya

Abdul Hamied Razak
Rabu, 25 September 2024 - 23:17 WIB
Abdul Hamied Razak
RSUD Sleman Menggelar In-House Training Code Stroke, Ini Tujuannya RSUD Sleman menyelenggarakan In-House Training (IHT) Pelayanan Code Stroke di ruang Pronojiwo lantai 5 GPT RSUD Sleman, Rabu (25/9 - 2024) ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—RSUD Sleman menyelenggarakan In-House Training (IHT) Pelayanan Code Stroke yang diikuti sebanyak 540 orang civitas hospitalia mulai dari tenaga medis maupun non medis. 

Direktur RSUD Sleman Novita Krisnaeni menjelaskan pelatihan tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan mendalam terkait penanganan kegawatdaruratan stroke dan meningkatkan kemampuan peserta dalam melakukan tindakan medis yang tepat dan sesuai standar profesi.

Advertisement

BACA JUGA: Masih Jadi Penyakit Mematikan, Update Penanganan Stroke Perlu Dilakukan

Para peserta, katanya diharapkan mampu menerapkan Code Stroke dengan cepat dan efektif sehingga dapat menyelamatkan nyawa serta meminimalkan risiko komplikasi jangka panjang bagi pasien stroke. “Stroke merupakan penyakit tidak menular, namun merupakan penyebab kematian yang sangat tinggi dan jika tidak ditangani akan menimbulkan kecacatan," katanya, Rabu (25/9/2024)

Pelatihan tersebut digelar selama empat hari  sejak 23 hingga 26 Agustus 2024 di ruang Pronojiwo lantai 5 GPT RSUD Sleman. Bagi Novita, penanganan stroke tidak hanya melibatkan tenaga medis, namun tenaga non medis juga memiliki peran yang penting. Dia berharap peserta dapat memahami penanganan stroke dengan aktivasi Code Stroke di RSUD Sleman. "Kami berterimakasih kepada Angels Initiative karena telah memfasilitasi pelatihan ini," katanya.

Sejumlah narasumber yang hadir pada pelatihan ini adalah Dokter Spesialis Syaraf RSUD Sleman Eni Nurhidayati dan Ratna Purwatiningsih, Dokter IGD RSUD Sleman, Najib Wibisono dan Dedy Sukmo Anggoro.

Para narasumber tidak hanya memberikan materi seputar teori penanganan kegawatdaruratan stroke, namun juga mengadakan praktik langsung. Dalam sesi praktik ini, para peserta dilatih untuk menerapkan langkah-langkah penatalaksanaan pasien stroke secara cepat dan tepat sesuai dengan standar prosedur medis yang berlaku di RSUD Sleman.

"Dengan adanya In House Training (IHT) pelayanan stroke ini, RSUD Sleman berkomitmen untuk terus meningkatkan mutu pelayanan kesehatan. Khususnya dalam menangani pasien stroke dengan cepat dan tepat untuk memilimalisir risiko," ujar Novita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo: Kesejahteraan Rakyat Saat Ini Didahulukan Daripada Kekuatan Pertahanan Negara

News
| Kamis, 26 September 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Melihat Destinasi Wisata Stroberi di Kaki Rinjani, Selalu Ramai Pengunjung

Wisata
| Selasa, 24 September 2024, 11:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement