Advertisement

Dies Natalis ke-59, UAJY Siap Cetak Lulusan yang Unggul Inovatif dan Adaptif di Perubahan Zaman

Media Digital
Jum'at, 27 September 2024 - 20:37 WIB
Arief Junianto
Dies Natalis ke-59, UAJY Siap Cetak Lulusan yang Unggul Inovatif dan Adaptif di Perubahan Zaman Rektor UAJY Sri Nurhartanto memberikan sambutan dalam acara Dies Natalis ke-59 di Sport Hall Gedung Slamet Rijadi di Kampus II UAJY, Jumat (27/9/2024). - David Kurniawan

Advertisement

SLEMAN—Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) merayakan Dies Natalis ke-59 di Sport Hall Gedung Slamet Rijadi di Kampus II UAJY, Jalan Babarsari No.44, Kalurahan Caturtunggal, Kapanewon Depok, Jumat (27/9/2024). Perayaan kali ini mengambil tema UAJY Inovatif, Unggul Berkelanjutan Menuju Indonesia Maju.

Rektor UAJY, Sri Nurhartanto mengatakan di hari peringatan kelahiran universitas patut disyukuri karena UAJY telah berkontribusi dalam dunia pendidikan di Indonesia.

Advertisement

Namun, momen Dies Natalis tersebut juga menjadi ajang refleksi untuk menatap masa depan Indonesia yang lebih baik lagi. “Banyak liku-liku kehidupan yang telah dilalui UAJY sesuai dengan nilai ke-Atmajaya-an, yakni unggul inklusif humanis dan berintegritas,” kata Sri Nurhartanto dalam sambutannya, Jumat siang.

Pihaknya berkomitmen untuk membentuk pribadi lulusan yang utuh melalui Pendidikan di kelas maupun di luar lingkungan kampus.

Di sisi lain, UAJY juga tidak bisa terlepas dari bagian universitas secara global yang terhubung dan berinteraksi dengan penguruan tinggi lainnya.

Menurut dia, dengan adanya perubahan yang sanga cepat muali dari globalisasi teknologi dan informasi, perubahan iklim, krisis pangan. Selain itu, ada juga bonusi demografi hingga tingginya persaingan antar universitas semkain ketat membawa berbagai berubahan di berbagai aspek dari ekonomi sosial budaya hingga ketenagakerjaan.

“Adanya tantangan dalam perubahan, maka perlu disiapkan lulusan yang kompeten, tapi juga mampu beradaptasi dengan segala perubahan yang ada,” kataya.

Sri Nurhartanto mengatakan lewat tema Inovatif, Unggul, dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Maju, UAJY bertekad mencetak sumber daya manusia inovatif dan siap menghadapi tantangan global, baik skala regional maupun internasional. “UAJY terus beradaptasi dan memberikan kontribusi positif bagi kemajuan bangsa, serta membangun masa depan lebih baik untuk generasi mendatang,” katanya.

Pihaknya juga memastikan untuk terus berinovasi dalam bidang mendidikan. Selain itu, juga menjadikan lulusan sebagai agen perubahan untuk membawa Indonesia menuju kemajuan yang lebih berkelanjutan. “Kami ingin peran dari UAJY bisa semakin nyata dirasakan oleh Masyarakat melalui program pengajaran, Pendidikan, penelitian hingga pengabdian,” katanya.

Ketua Umum Yayasan Slamet Rijadi Yogyakarta, Andreas Triwiyono mengucapkan selamat ulang tahun ke UAJY yang ke-59.

Seiring dengan perubahan zaman, maka tantangan yang dihadapi juga semakin komplek sehingga dapat ikut berperan dalam mewujudkan Indonesia maju seperti apa yang telah dicanangkan.

Menurut dia, untuk mewujudkan cita-cita ini menjadi tantangan besar yang harus dilalui. Triwiyono menyakini dengan terus menciptakan inovasi unggul yang ditandai dengan pola pikir kreatif, maka bisa menyelesaikan segarala masalah yang dihadapi. “Seperti besi untuk bisa lebih tajam, butuh tempaan yang berulang dan proses ini sakit, tapi hasilnya lebih baik dan hal itu harus dilalui,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Terkait Pertemuan Wakil Ketua KPK Alexander Marwata dan Eko Darmanto, Polisi Periksa 17 Saksi

News
| Jum'at, 27 September 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Solo Traveling sedang Tren, Ini 5 Negara Terbaik bagi Para Solo Traveler

Wisata
| Selasa, 24 September 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement