Advertisement

Formasi Pimpinan Lengkap, Gustan Ganda Ditunjuk Jadi Ketua DPRD Sleman

David Kurniawan
Selasa, 01 Oktober 2024 - 16:47 WIB
Sunartono
Formasi Pimpinan Lengkap, Gustan Ganda Ditunjuk Jadi Ketua DPRD Sleman

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Kesekretariatan DPRD Sleman memastikan formasi pimpinan dewan definitf telah lengkap. Hal ini tak lepas adanya surat dari DPC PDI Perjuangan yang menunjuk Gustan Ganda sebagai Ketua DPRD Sleman 2024-2029.

“Hari ini suratnya sudah masuk. Jadi, untuk formasi pimpinan dewan secara definitif sudah terbentuk,” kata Sekretaris DPRD Sleman, Muhammad Aji Wibowo, Selasa (1/10/2024).

Advertisement

Adapun untuk formasi wakil terdiri dari Ani Martanti dari Fraksi PKB; Hasto Karyantoro dari PKS dan Sukaptana dari Fraksi Gerindra. Setelah formasi pimpinan dewan terbentuk, rencananya pada Rabu (2/10/2024) digelar paripurna penetapan pimpinan untuk diusulkan agar mendapatkan Surat Keputusan pengangkatan dari Gubernur DIY, Sri Sultan HB X.

“Besok setelah penetapkan langsung kami usulkan ke Gubernur untuk mendapatkan SK melalui Bupati,” katanya.

Oleh karena itu, Aji mengakui untuk pelantikan dan penyerahan palu pimpinan dari Ketua Dewan Sementara ke pimpinan definitive masih menunggu turunnya SK dari Gubernur. “Nunggu SK Gubernur dulu, baru dilantik. Rencananya pelantikan sama seperti saat pelantikan anggota DPRD yang berlangsung 12 Agustus 2024 lalu,” ungkapnya.

Rencananya setelah pelantikan pimpinan definitive segera ditindaklanjuti untuk pengisian alat kelengkapan dewan. Pengisian ini dibutuhkan agar tugas pokok dan fungsi DPRD bisa dimaksimalkan.

“Kalau belum ada pimpinan definitif dan alkap, maka ketugasan dewan tidak bisa maksimal. Makanya setelah pimpinan jadi, akan disusul pembentukan alkap,” katanya.

Ketua DPRD Sleman Sementara, Gustan Ganda saat dikonfirmasi kemarin membenarkan untuk jatah kursi ketua dari PDI Perjuangan sudah turun. Didalam surat tersebut, dirinya ditunjuk sebagai Ketua DPRD Sleman yang baru untuk periode 2024-2029.

“Surat sudah masuk semua dan empat pimpinan dewan yang terdiri dari ketua dan tiga wakil ketua sudah terisi semua. Detailnya, bisa konfirmasi ke Kesekretariatan DPRD,” katanya.

Gustan mengakui, meski pimpinan definitif belum resmi terbentuk, sudah ada penyelesaian pembahasan RAPBD Perubahan 2024. Kesepakatan bersama dengan eksekutif telah ditandatangani pada Senin (30/9/2024) sehingga program yang dibahas di APBD Perubahan 2024 tetap bisa dijalankan.

“Ada Surat Edaran dari Mendagri yang memperbolehkan pimpinan sementara membahas APBD Perubahan dan APBD murni sehingga bisa dibahas tepat waktu,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Panggil Mantan Dirjen Bea Cukai Terkait Dugaan Korupsi Kapal Patroli Cepat

News
| Selasa, 01 Oktober 2024, 16:37 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement