Advertisement

Ajak Masyarakat Makan Ikan untuk Atasi Stunting, PKK DIY Gelar Lomba Masak Serba Ikan

Yosef Leon
Jum'at, 04 Oktober 2024 - 17:27 WIB
Arief Junianto
Ajak Masyarakat Makan Ikan untuk Atasi Stunting, PKK DIY Gelar Lomba Masak Serba Ikan Sajian hasil olahan ikan dalam Lomba Masak Serba Ikan Peringatan Hari Ikan Nasional, Jumat (4/10/2024). - Istimewa/Pemda DIY

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJAPemda DIY mendorong masyarakat memaksimalkan konsumsi ikan untuk mencegah stunting. DIY masih perlu menurunkan lagi sebesar 2% angka stunting agar bisa menyentuh angka 14%. Ikan memiliki kandungan protein tinggi yang dinilai mampu membantu memenuhi gizi anak.

Sekretaris Daerah DIY, Beny Suharsono menuturkan ikan termasuk komoditas yang mudah dikreasikan menjadi berbagai makanan olahan, sehingga lebih variatif saat dihidangkan.

Advertisement

Pemerintah juga telah menetapkan pendekatan keluarga sebagai kunci masalah stunting dan gerakan makan ikan dapat dibiasakan dari keluarga. “Ikan sebagai bahan pangan yang mengandung protein tinggi dan memiliki kandungan asam lemak, Omega 3, Omega 6 dan Omega 9, sangat relevan sebagai salah satu sumber gizi untuk mendukung program pencegahan dan penanganan stunting," katanya pada Lomba Masak Serba Ikan Peringatan Hari Ikan Nasional, Jumat (4/10/2024). 

Wakil Ketua I TP PKK DIY GKBRAyA Paku Alam mengatakan kegiatan Lomba Masak Serba Ikan ini dilaksanakan setiap tahun untuk memasyarakatkan gemar makan ikan bagi masyarakat di DIY.

Sesuai data, konsumsi ikan di DIY masih cukup rendah, yaitu 35,83 kg/kapita/tahun. “Dengan media salah satunya Lomba Masak Serba Ikan ini mempunyai tujuan untuk mengajak, memotivasi, mendorong masyarakat untuk Gemar Makan Ikan," katanya. 

Menurutnya, gizi pada ikan yang tinggi dapat mendukung program peningkatan gizi pada 1.000 hari pertama kehidupan dan untuk anak-anak di bawah umur 2 tahun dalam rangka pembentukan kualitas sumber daya manusia yang produktif dan berdaya saing.

Ikan juga ditetapkan sebagai bahan pangan sehat dalam rangka mendukung gerakan masyarakat hidup sehat. “Konsumsi ikan diharapkan dapat berperan dalam menangani bebas penyakit, sehingga dapat mewujudkan kualitas hidup masyarakat yang lebih baik dan meningkatkan produktivitas," ujar dia.

BACA JUGA: Diseminasi Data Keluarga Risiko Stunting 2024 untuk Percepatan Penurunan Stunting

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan DIY, Bayu Mukti Sasongka mengatakan kegiatan lomba ini merupakan rangkaian menyambut Hari Ikan Nasional yang jatuh setiap 21 November.

Dalam kegiatan ini pula dilakukan pula program sosialisasi yang menyasar ibu, anak, dan keluarga untuk meningkatkan kegemaran makan ikan. “Beragam kegiatan juga telah kami gelar sebagai upaya kampanye gemar makan ikan. Mulai dari pelatihan pengolahan ikan hingga pameran produksi kelautan dan perikanan. Kami pun berharap kegiatan gemar makan ikan mampu berkontribusi menurunkan angka stunting di DIY.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPU Bakal Gelar Debat Pilkada Jakarta Tiga Kali, Ini Jadwalnya

News
| Jum'at, 04 Oktober 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Jogja lewat Diorama

Wisata
| Rabu, 02 Oktober 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement