Advertisement

Ratusan Anak PAUD Kulonprogo Unjuk Gigi Bakatnya

Triyo Handoko
Jum'at, 04 Oktober 2024 - 14:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Ratusan Anak PAUD Kulonprogo Unjuk Gigi Bakatnya Ilustrasi orang tua membacakan buku dongeng kepada anak-anak usia dini. - Ist/Hmpaudi DIY

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Ratusan siswa jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Bumi Binangun mengikuti Gebyar PAUD Kulonprogo, Kamis (3/10/2024) di GOR Cangkring. Total terdapat 500 anak-anak PAUD mengikuti kegiatan yang memberikan panggung bagi bakat para siswa tersebut.

Bakat yang dipamerkan para anak-anak usia empat tahun itu berkaitan dengan seni budaya yang difasilitasi Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kulonprogo. Ada yang menampilkan tari angguk, dongen, flashmob, hingga tari kolosal.

BACA JUGA: Miris! Ratusan Guru PAUD yang Mengajar Sejak 2015 di Bantul Tidak Dapat Honor

Ratusan anak-anak PAUD yang tampil itu didampingi para gurunya. Kepala Disdikpora Kulonprogo, Nur Wahyudi menyebut Gebyar PAUD tersebut sebagai upayanya untuk meningkatkan pembinaan terhadap anak-anak di Bumi Binangun.

Selain meningkatkan pembinaan, jelas Wahyudi, Gebyar PAUD Kulonprogo itu juga dimaksudkan jadi medium pendidikan karakter. "Karakter yang kuat jadi hal penting terutama untuk pendidikan anak sejak dini, kami kolaborasikan pendidikan karakter ini dengan budaya agar nilai-nilai tradisi tertanam pada anak-anak," paparnya.

Wahyudi menerangkan melalui kegiatan tersebut anak-anak memiliki bekal karakter kuat berbasis budaya. "Kami harap para guru PAUD juga dapat terus adaptif dengan perkembangan dengan memberikan pengajaran yang unggul lewat kegiatan ini," katanya.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Kulonprogo, Triyono mengapresiasi Gebyar PAUD Kulonprogo tersebut. "Guru-guru PAUD yang sudah mendidik anak-anak ini juga perlu diapresiasi karena memberikan teladan yang baik agar anak berkembang dengan baik," ujarnya.

Gebyar PAUD Kulonprogo, jelas Triyono, jadi ajang penting untuk memberikan wadah bagi anak-anak di Bumi Binangun. "Berbagai pihak yang berkomitmen pada pendidikan anak usia dini perlu didorong bersama terlibat agar pembentukan karakter ini makin maksimal," tuturnya.

Dukungan yang lebih besar akan pendidikan karakter bagi anak usia dini, menurut Triyono, jadi modal utama untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kulonprogo. "Semakin berkualitas pelayanan PAUD yang didukung dari berbagai pihak akan memaksimalkan pembangunan manusia," tandansya.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Memanas, Israel Utara Dihujani Roket Lebanon

News
| Jum'at, 04 Oktober 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Jogja lewat Diorama

Wisata
| Rabu, 02 Oktober 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement