Advertisement

Ancam Tanaman Padi di Banjararum, 865 Ekor Tikus Berhasil Digeropyok

Triyo Handoko
Minggu, 06 Oktober 2024 - 12:37 WIB
Arief Junianto
Ancam Tanaman Padi di Banjararum, 865 Ekor Tikus Berhasil Digeropyok Suasana apel bersama penembak sebelum memburu tikus di Kalurahan Banjararum, Kapanewon Kalibawang pada Sabtu (5/10/2024). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Dianggap hama yang bisa mengancam masa tanam pertama di Kalurahan Banjararum, Kapanewon Kulonprogo, ratusan ekor tikus digropyok warga, Sabtu (5/10/2024) malam WIB. Perburuan ratusan ekor tikus itu dilakukan warga dengan cara ditembak.

Tercatat, sekitar 235 orang yang ikut dalam perburuan memang mereka yang hobi menembak dengan senapan angin. Tak hanya dari Kulonprogo, mereka juga datang dari sejumlah daerah lain, salah satunya yang terjauh berasal dari Cilacap, Jawa Tengah.

Advertisement

Dalam semalam, ratusan orang itu tercatat ada 865 ekor tikus berhasil ditangkap.

Carik Kalurahan Banjararum, Sunaryo menjelaskan pada awal masa tanam pertama untuk padi ini sempat terhambat karena benih yang ditanam dimakan tikus. Serangan tikus terhadap benih padi yang baru ditanam itu membuat petani di Kapanewon Kalibawang ini rugi.

Kerugian petani yang padinya baru ditanam langsung dimakan tikus itu berupa pembelian bibit lagi dan waktu yang jadi terbatas untuk menanam. "Petani jadi harus mundur menanamnya, lalu jatah air irigasi juga terancam kurang karena sudah dijadwal juga kalau mundur lama bisa kehabisan air," ujar Sunaryo.

Sunaryo bersama pamong Kalurahan Banjararum bersama komunitas petambak di wilayahnya lalu berinisiatif cari solusi dengan kegiatan tersebut. "Semua pihak menyetujuinya, karena petani diuntungkan, penembak juga untung karena hobinya tersalurkan juga," ujar dia.

Persiapan kegiatan berburu tikus itu, jelas Sunaryo, juga dilakukan secara matang. Pemerintah Kalurahan Banjararum menyediakan ambulans, tim medis, tim keamanan, hingga evakuasi hewan pengerat tersebut yang berhasil ditembak untuk mensukseskan gelaran menembak tikus itu.

Sebanyak 865 ekor tikus itu yang diburu dari pukul 19.00 WIB sampai 23.00 WIB, lanjut Sunaryo, kemudian diserahkan ke komunitas reptil di Sleman. "Sepertinya untuk pakan reptil, terutama burung hantu. Semuanya sudah kami siapkan dengan matang," kata dia.

BACA JUGA: Sensasi Lomba Berburu Tikus, Per Ekor Dihargai Rp4.000

Ada lima titik perburuan tikus itu yang jadi kawasan pertanian tersebut, antara lain Bulak Dekso, Ngipik, Kedondong, Semakin, dan Tegal.

Salah satu peserta, Asih Ngatiyono yang juga warga Banjararum mengaku senang dengan kegiatan tersebut lantaran dapat membantu para petani mengatasi hama tikus.

Asih menyebut untuk peserta yang berhasil menembak tikus dihargai Rp4.000 per ekornya. "Acara berlangsung meriah, kami harap kalau ada serangan tikus lagi kegiatan seperti ini dapat dilakukan lagi.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kecaman Dunia terhadap Israel Terus Menggema di Forum PBB

News
| Minggu, 06 Oktober 2024, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Jogja lewat Diorama

Wisata
| Rabu, 02 Oktober 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement