Advertisement

Terjebak di Kebakaran Lahan, Warga Patuk Gunungkidul Meninggal Dunia

Andreas Yuda Pramono
Senin, 07 Oktober 2024 - 19:57 WIB
Ujang Hasanudin
Terjebak di Kebakaran Lahan, Warga Patuk Gunungkidul Meninggal Dunia Kebakaran lahan - hutan / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Warga Kalurahan Pengkok, Patuk, Gunungkidul bernama Wagiyo, 76, ditemukan meninggal dunia setelah terjebak kobaran api di Padukuhan Panjatan, Pengkok, Senin, (7/10/2024).

Lurah Pengkok, Sigit Purnomo mengatakan kejadian berawal ketika Wagiyo sedang membakar sampah di lahan miliknya pukul 09.00 WIB. Hanya, api merembet ke lahan warga, sehingga terjadi kebakaran di total lahan sekitar 1 hektar (ha).

Advertisement

Wagiyo tidak dapat keluar dari kobaran api. Asap yang mengepul juga membuat korban mengalami gangguan pernafasan. Keluarga yang curiga karena hingga pukul 11.30 WIB korban tidak pulang lantas mencarinya.

Korban ditemukan oleh perangkat desa dan dukuh sekitar pukul 15.30 WIB dengan keadaan sebagian rambut dan beberapa bagian tangannya hangus terbakar.

Humas Polsek Patuk, Aipda Purwanto mengatakan Wagiyo berniat membakar daun kering untuk membuat pupuk organik.

BACA JUGA: Bikin Gempar! Diawali Rekahan Tanah, Lahan Milik Warga Wonosari Tiba-tiba Muncul Sumber Air

Warga yang melintas melihat api berkobar besar dan tidak melihat keberadaan Wagiyo. Mereka lantas memadamkan api terlebih dahulu agar tidak menjalar ke permukiman. Setelah itu, warga bersama perangkat desa dan dukuh mencari keberadaan Wagiyo.

Sekitar pukul 16.00 WIB, salah satu warga melihat seorang yang tertelungkup di ladang.  Saksi satu dan dua lalu mengidentifikasi orang tersebut dari wajah yang masih bisa dikenali serta pada postur tubuhnya adalah Wagiyo. Warga lantas melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Patuk.

“Tempat kejadian atau medan yang berbentuk terasering membuat korban kesulitas dalam menjauhi kobaran api dan asap,” kata Purwanto dihubungi, Senin, (7/10).

Dari hasil pemeriksaan dokter dari Puskesmas Patuk 1 dan inafis Polres Gunungkidul, korban meninggal murni akibat 90% luka bakar yang diderita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ayah Kandung Jual Bayi Rp15 Juta, Hasilnya untuk Beli HP dan Judi Online

News
| Senin, 07 Oktober 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Staycation di Hotel Masih Ngetren, Simak Tipsnya

Wisata
| Kamis, 03 Oktober 2024, 21:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement