Advertisement

Tarif Tol Jogja-Solo: Ruas Kartasura-Klaten Masih Gratis, Ini Penjelasan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Catur Dwi Janati
Senin, 14 Oktober 2024 - 07:57 WIB
Sunartono
Tarif Tol Jogja-Solo: Ruas Kartasura-Klaten Masih Gratis, Ini Penjelasan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Gerbang tol Klaten pada ruas Kartasura-Klaten Jalan Tol Jogja-Solo. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Menteri Perkerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono merespons terkait penetapan tarif Jalan Tol Jogja-Solo untuk ruas Kartasura-Klaten yang sampai saat ini belum diterapkan. Kondisi ini sangat berbeda dengan sebagian besar tol di Indonesia, di mana dua pekan setelah peresmian, tarif langsung diberlakukan.

Jalan Tol Jogja-Solo Seksi 1 Paket 1.1 ruas Kartasura-Klaten telah diresmikan langsung Presiden RI, Joko Widodo pada Kamis (19/9/2024). Sejak dibuka, jalan bebas hambatan sepanjang 22,3 kilometer masih belum dipungut biaya bagi para pengendara  yang melintasinya alias gratis.

Advertisement

BACA JUGA : Tol Jogja Bawen Seksi 1 Ditarget Rampung 2026, Ini Titik yang Bakal Terima Uang Ganti Rugi

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengakui pemberlakuan tarif jalan tol biasanya bakal diterapkan dalam jangka waktu beberapa pekan usai peresmian. Khusus untuk Tol Jogja-Solo ruas Kartasura-Klaten yang diresmikan sekitar tiga pekan yang lalu memang saat ini belum diterapkan. Ia mengungkap alasannya penetapan tarifnya saat ini masih diproses.

"Kalau yang baru diresmikan biasanya dua minggu setelah diresmikan bisa bertarif, ini sedang diproses," kata Basuki ditemui dalam kunjungannya ke Pameran dan Apresiasi Hari Habitat Dunia – Hari Kota Dunia di UGM pada Sabtu (12/10/2024).

Sebelumnya Manager Humas PT. Jasamarga Jogja-Solo (JMJ), Rachmat Jesiman menegaskan Tol Jogja-Solo ruas Kartasura-Klaten masih belum bertarif. Pengendara yang melintas belum dipungut biaya ketika melintas di jalan bebas hambatan sepanjang 22,3 kilometer tersebut. 

"Untuk sampai saat ini masih beroperasi nol tarif ya pak. Terima kasih," kata Rachmat secara singkat melalui pesan WhatsApp pada Minggu (6/10/2024).

Staf Ahli Direksi PT. JMJ Bidang Pengadaan Tanah, Muhammad Amin sebelumnya juga menjelaskan jika nominal tarif yang akan diberlakukan pada Tol Jogja-Solo ruas Kartasura-Klaten mengikuti Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) yang ada. "Kalau mengikuti PPJT ya segitu [tarifnya]," jelas Amin ditemui pada Rabu (18/9/2024) di Kantor Kalurahan Tirtoadi. 

"Jadi kita ngikutin PPJT," ucapnya.

BACA JUGA : Tol Jogja-Solo Ruas Klaten-Purwomartani Ditarget Selesai Desember 2024, Mudik Lebaran ke Jogja Akan Lebih Cepat

Selain itu Amin menambahkan bila ada kajian terlebih dulu yang dilakukan sebelum menentukan besaran tarif tol Jogja-Solo ruas Kartasura-Klaten. Beberapa aspek menjadi pertimbangan tarif, salah satunya yakni biaya yang dikeluarkan dalam pembangunan tol Jogja-Solo ruas Kartasura-Klaten. "Sudah ada kajian dari konsultan. Untuk tarif itu kan mulai dari ada biaya pembangunan," ungkapnya. 

"Itu yang jadi [beberapa] dasar acuan, jadi sudah terhitung lah [tarif Jogja-Solo ruas Kartasura-Klaten]," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dinilai Mampu Menginspirasi, Pramuka Indonesia Diapresiasi Komite Kepramukaan Dunia

News
| Senin, 14 Oktober 2024, 08:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Wisata Kesehatan yang Tak Tertandingi di Turki

Wisata
| Sabtu, 12 Oktober 2024, 00:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement