Advertisement

Pembebasan Lahan Tol Jogja-Solo Ruas Jogja-YIA Kulonprogo: Kejar Pencairan 300 Bidang Tanah untuk Capai Target 20 Persen

Catur Dwi Janati
Selasa, 15 Oktober 2024 - 06:37 WIB
Sunartono
Pembebasan Lahan Tol Jogja-Solo Ruas Jogja-YIA Kulonprogo: Kejar Pencairan 300 Bidang Tanah untuk Capai Target 20 Persen Foto aerial proyek tol Jogja-Solo. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pembebasan lahan proyek jalan Tol Jogja-Solo Seksi 3 ruas Jogja-YIA Kulonprogo di Kabupaten Sleman ditargetkan mampu menyentuh angka 20% di 2024 dari total bidang tanah yang harus dibayarkan. Adapun proses appraisal diharapkan bisa tuntas pada 2024 ini.

Kepala Seksi Pengadaan Tanah dan Pengembangan Kantor Pertanahan Kabupaten Sleman, Hary Listantyo Prabowo menjelaskan mengungkapkan lahan terdampak Tol Jogja-Solo Seksi 3 ruas Jogja-YIA Kulonprogo di Kabupaten Sleman secara keseluruhan mencakup sekitar 3.400 bidang. Namun dari jumlah itu ada bidang-bidang tanah yang berbentuk fasum sehingga tidak diganti rugi dalam bentuk uang, melainkan bangunan pengganti.

Advertisement

BACA JUGA : Tarif Tol Jogja-Solo: Ruas Kartasura-Klaten Masih Gratis, Ini Penjelasan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Jika dijumlah, total bidang tanah yang harus dibayarkan ada sebanyak 2744 bidang tanah. Menurut data terakhir Hary, jumlah bidang tanah tanah terdampak Tol Jogja-Solo Seksi 3 ruas Jogja-YIA Kulonprogo yang telah bebas mencapai 288 bidang. Capaian ini jika dipersentasekan setara 10,49 persen. 

"Itu belum termasuk yang ini [ganti rugi di Sumberrahayu]," kata Hary ditemui pada Senin (14/10/2024) saat pembayaran ganti rugi di Kalurahan Sumberrahayu. 

Hary menargetkan cakupan pembebasan lahan di Sleman bisa menyentuh angka sekitar 20%. Guna mencapai target itu setidaknya pembayaran ganti rugi perlu dilakukan di 300 bidang tanah lagi sampai akhir Desember. 

"Kalau bisa 300 [bidang tanah] lagi. Kalau 300 kan berarti 10 persen lagi, artinya bisa sampai 20 persen," tegasnya. 

Saat ini pihaknya mengejar proses appraisal lahan Tol Jogja-Solo Seksi 3 ruas Jogja-YIA Kulonprogo agar bisa tuntas 100% tahun ini. Dengan demikian di tahun 2025 proses tinggal melangkah pada tahap musyawarah dan pembayaran.

BACA JUGA : Tol Jogja-Solo-YIA Seksi 3 Sasar Lahan Sawah, Ganti Rugi di Sumberrahayu Tembus Rp34 Miliar

"Karena kita masih mengejar appraisal dulu untuk tahun ini. Semua sudah terappraisal, tinggal musyawarah-musyawarah, lalu pembayaran," ucapnya. 

Hingga Oktober ini, pembayaran ganti rugi Tol Jogja-Solo Seksi 3 ruas Jogja-YIA Kulonprogo telah yang melintas di wilayah Kabupaten Sleman telah digelar di lima Kalurahan. Lima Kalurahan itu meliputi Kalurahan Sidokarto, Kalurahan Tirtoadi, Kalurahan Sumberrahayu, Kalurahan Sidomulyo dan Kalurahan Balecatur.

Meski ganti rugi telah digelar di lima Kalurahan, belum semua bidang tanah selesai dibayarkan. Di beberapa Kalurahan pembayaran uang ganti rugi baru dibayarkan sebagian dan masih ada bidang-bidang lahan terdampak Tol Jogja-Solo Seksi 3 ruas Jogja-YIA Kulonprogo yang tersisa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Smelter Freeport di Gresik Terbakar, Kementerian ESDM Lakukan Penyelidikan

News
| Selasa, 15 Oktober 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Tempat Wisata Paling Populer di Thailand, Cek Daftarnya

Wisata
| Sabtu, 12 Oktober 2024, 13:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement