Advertisement

Pemkab Kulonprogo Bikin Gugus Tugas Tanggap Darurat Penyakit Ikan

Triyo Handoko
Jum'at, 18 Oktober 2024 - 21:27 WIB
Maya Herawati
Pemkab Kulonprogo Bikin Gugus Tugas Tanggap Darurat Penyakit Ikan Ilustrasi budi daya perikanan. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Pemkab Kulonprogo bikin Gugus Tugas Tanggap Darurat Penyakit Ikan yang bertujuan mengantisipasi wabah.

Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) menyebut satuan ini jadi yang pertama di DIY untuk tingkat kabupaten/kota.

Advertisement

Kepala DKP Kulonprogo, Trenggono Trimulyo menjelaskan Gugus Tugas Tanggap Darurat Penyakit Ikan ini sudah resmi dengan diterbitkannya Keputusan Bupati Kulonprogo Nomor 406/C/2024 yang setidaknya memiliki tujuh tugas pokok.

"Pertama bertugas untuk mengidentifikasi potensi serangan atau wabah penyakit ikan, lalu menyusun rencana tanggap darurat dan pengendalian," jelasnya, Jumat (18/10/2024).

Trenggono melanjutkan tugas lainnya gugus ini adalah melakukan sosialisasi dan stimulasi perencanaan tanggap darurat dan pengendalian penyakit ikan dan melakukan koordinasi kebijakan dan pelaksanaan tanggap darurat dan pengendalian.

"Tugasnya juga melakukan evaluasi pelaksanaan, membuat laporan, dan melakukan investigasi dan pengamatan lapangan terhadap wabah penyakit ikan," katanya.

Sumber pendanaan program dan kegiatan Gugus Tugas Tanggap Darurat Penyakit dari Dana Keistimewaan (Danais). "Karena APBD Kulonprogo tidak mencukupi maka anggarannya dari Danais," katanya.

BACA JUGA: Dukung Program Makan Siang Gratis, Pemkab Gunungkidul Menyiapkan Sekolah-Sekolah Ini

Tim dari gugus ini bersiaga setiap harinya, jelas Trenggono, untuk memantau dan melakukan tindakan jika ditemukan penyakit ikan.

"Masyarakat juga dapat melaporkan jika ada kejadian penyakit ikan, termasuk yang dikelola warga sendiri dalam kolamnya agar potensi perikanan tetap terjaga dan meningkatkan kesejahteraan pelaku budi daya ikan," ungkapnya.

Sedangkan staf DKP Kulonprogo, Siti Khoiriyah menyebut Gugus Tugas Tanggap Darurat Penyakit di Kulonprogo ini jadi yang pertama di Bumi Mataram.

"Kami dalam pembentukannya melibatkan berbagai lembaga seperti Balai Pengembangan Teknologi Perikanan Budi Daya, Badan Karantina Yogyakarta, Balai Besar Veteriner Wates dan lainnya," terangnya.

Siti menerangkan tim dalam gugus tersebut juga dari berbagai lembaga. "Kami memang yang banyak menyumbang orang di timnya, tapi ini dikerjakan bersama lintas sektor, termasuk kalangan non-pemerintah seperti asosiasi budidaya ikan, kedepan koordinasi akan makin ditingkatkan agar implementasi program maksimal," katanya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menteri Kabinet Prabowo Wajib Ikuti Penataran selama 3 Hari di Akmil Magelang

News
| Jum'at, 18 Oktober 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement