Advertisement

Kelurahan Bumijo Gelar Pelatihan Memijat untuk Disabilitas

Alfi Annisa Karin
Rabu, 23 Oktober 2024 - 19:52 WIB
Maya Herawati
Kelurahan Bumijo Gelar Pelatihan Memijat untuk Disabilitas Agenda pelatihan memijat bagi keluarga disabilitas yang digelar di Aula Kelurahan Bumijo, belum lama ini. - Istimewa - Dokumen Kelurahan Bumijo

Advertisement

JOGJA—Jajaran Pemerintah Kelurahan Bumijo, Kemantren Jetis, Jogja, berupaya untuk terus meningkatkan perekonomian masyarakat.

Salah satunya dilakukan dengan memberikan keterampilan tambahan bagi para penyandang disabilitas di lingkup Kelurahan Bumijo. Seperti yang dilakukan belum lama ini, yakni pelatihan keterampilan memijat bagi keluarga disabilitas yang digelar di Aula Kelurahan Bumijo, beberapa waktu lalu.

Lurah Bumijo, Ani Purwanti, menjelaskan ada 40 peserta yang mengikuti pelatihan. Dia menuturkan, pelatihan keterampilan memijat merupakan usulan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) 2023 yang selanjutnya dilaksanakan pada tahun ini.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya peningkatan perekonomian bagi keluarga penyandang disabilitas untuk memperkaya kemampuan dalam memijat untuk menambah penghasilan,” ujar Ani saat dikonfirmasi, Rabu (23/10/2024).

Advertisement

Ani mengatakan dalam pelatihan ini jajarannya turut menggandeng praktisi dari Lembaga Kursus dan Pelatihan Rumah Sehat Mandiri yang beralamat di Sewon, Bantul.

BACA JUGA: TPS3R Banguntapan di Kompleks TPST Modalan Telah Diuji Coba, Ini Hasilnya

Pelatihan dilaksanakan selama dua jam. Peserta diajak untuk mempraktikkan secara langsung materi yang disampaikan. Beberapa materi yang diberikan terkait dengan pelatihan pijat yang bertumpu pada kaki, khususnya pada lutut dan cedera akut di kaki.

Selain itu, peserta juga mempelajari anatomi tubuh, khususnya lutut dan bagaimana menangani permasalahan lutut melalui pijat kebugaran. “Sehingga nantinya peserta pelatihan dapat membantu orang yang sakit dan juga meningkatkan pendapatan jika benar-benar ditekuni sebagai pekerjaan,” katanya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Minta Kenaikan UMP 2025, Buruh Bakal Gelar Demo di Istana Besok

News
| Rabu, 23 Oktober 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement