Advertisement

Tanjakan Clongop di Gunungkidul Sudah Diaspal, Awal Desember Mulai Bisa Digunakan

Andreas Yuda Pramono
Senin, 28 Oktober 2024 - 15:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Tanjakan Clongop di Gunungkidul Sudah Diaspal, Awal Desember Mulai Bisa Digunakan Ilustrasi pengaspalam jalan. - Antara - Hery Sidik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pembangunan jalan baru atau normalisasi Tanjakan Clongop dengan memangkas Bukit Clongop, Kalurahan Watugajah, Gedangsari, Gunungkidul hampir rampung. Saat ini, pelaksana jalan telah mengaspal 1,5 kilometer (km) jalan tersebut.

Manajer Jalan PT Suradi Sejahtera Raya (SSR), Apri Novianto mengatakan proses pengaspalan telah dilakukan sejak akhir September 2024. Ada tiga titik yang saat ini masih diaspal, yaitu bagian atas, bawah, dan tengah. Persisnya, pengaspalan dilakukan di STA 0, STA 500 dan 1.000, lalu STA 2.500.

Advertisement

BACA JUGA: Didukung Tokoracing.com, Dragnight Competition Diikuti Peserta Se-Pulau Jawa

“Pengaspalan memang tidak barengan, kami lakukan secara bertahap. Kalau ditotal ya sudah 1,5 kilometeran,” kata Apri dihubungi, Senin, (28/10/2024).

Apri menambahkan ruas jalan sepanjang 2,5 kilometer tersebut dibangun memang tanpa pelapis membrane. PT SSR langsung melakukan agregrat di atas badan jalan yang berupa tanah lalu melapisinya dengan aspal.

PT SSR juga sedang melakukan cor bahu jalan. Cor ini akan memperkuat badan jalan dan menjadi bahu jalan yang dapat digunakan kendaraan untuk menepi. Selain itu, pekerjaan juga dilakukan terhadap tebing bukit yang telah dikepras dengan shotcrete. Shotcrete ini akan memperkuat tebing agar mencegah terjadinya longsor utamanya jika hujan turun. Hanya, tidak semua tebing mendapat shotcrete.

Saat ini, jalan pengganti ruas Hargomulyo – Watugajah tersebut masih ditutup. Pengerjaan akan selesai sekitar awal Desember 2024. Setelah itu, PT SSR akan berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Energi Sumber Daya Mineral (DPUP-ESDM) untuk membuka akses jalan tersebut.

Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Gunungkidul, Bayu Susilo Aji mengatakan normalisasi Tanjakan Clongop akan memberi dampak signifikan terhadap mobilitas kendaraan antarwilayah.

Menurut dia, tanjakan yang sebelumnya curam dan menjadi landau akan meningkatkan keamanan, keselamatan, dan kelancaran lalu lintas.

“Jalur utara tentunya semakin mempermudah pengendara. Selain jalan, nantinya fasilitas jalan seperti penerangan jalan umum dan rambu tentunya juga dilengkapi,” kata Bayu.

Disinggung ihwal kemungkinan optimalisasi akses jalan guna menyambut libur akhir tahun 2024, Bayu mengaku Dishub harus melaksanakan uji coba dan kajian lalu lintas terhadap hasil pembangunan jalan tersebut.

“Kajian itu nanti berkisar pada apakah bisa menjadi prioritas jalur dan jenis kendaraan apa saja yang direkomendasi bisa melalui jalan itu,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Waspadai Dampak Suhu Panas Maksimal Harian, BMKG: Bisa Mencapai 37-38,4 Derajat Celsius

News
| Senin, 28 Oktober 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Makanan Ramah Vegan

Wisata
| Minggu, 27 Oktober 2024, 08:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement