Advertisement

Kodim Bantul Beri Pelatihan Bela Negara pada Siswa SMK Muhammadiyah 1 Imogiri

Nina Atmasari
Rabu, 11 April 2018 - 08:37 WIB
Nina Atmasari
Kodim Bantul Beri Pelatihan Bela Negara pada Siswa SMK Muhammadiyah 1 Imogiri Upacara pembukaan Pelatihan Dasar Mental Disiplin dan bela negara angkatan IV Tahun 2018. - Ist/SMK Muhammadiyah 1 Imogiri

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL- SMK Muhammadiyah 1 Imogiri membekali peserta didik dengan berbagai kecakapan baik soft skill maupun hard skill. Salah satu unsur kecakapan soft skill adalah disiplin dan kesadaran bela negara.

Dalam rangka menanamkan soft skill kepada peserta didik, SMK Muhammadiyah 1 Imogiri bekerja sama dengan Kodim 0729 Bantul menyelenggarakan Pelatihan Dasar mental disiplin dan kesadaran bela negara. Pelatihan dilaksanakan selama 4 hari dimulai hari ini Senin 9 April sampai dengan Jumat 13 April 2018 bertempat di SMK Muhammadiyah 1 Imogiri dan lingkungan sekitarnya.

Pelatihan kedisiplinan dan bela negara ini merupakan pelatihan angkatan ke 4 yang diselenggarakan SMK Muhammadiyah 1 Imogiri dan menjadi agenda rutin setiap tahunnya. Pelatihan diikuti oleh seluruh siswa kelas X sebanyak 503 siswa.

Upacara pembukaan Pelatihan Dasar Mental Disiplin dan bela negara angkatan IV Tahun 2018 ini dilaksanakan di halaman Gedung Ahmad Dahlan SMK Muhammadiyah 1 Imogiri dengan inspektur upacara Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0729/Bantul Mayor Inf Suwarno.

Upacara pembukaan juga dihadiri, Pasi Ter Dim 0729/Bantul, Kasi Trantib Kecamatan Imogiri, Danramil 10/Imogiri Kapten Inf Surono, Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah Imogiri Bapak H. Nur Wahyuntoro, para pelatih dari anggota TNI Kodim 0729/Bantul, guru pendamping dari SMK Muhammadiyah Imogiri dan peserta Latsarmendis sebanyak 503 Pelajar Kelas X SMK Muhammadiyah 1 mogiri Bantul.

Mayor Inf Suwarno selaku irup upacara pembukaan tersebut menyampaikan bahwa Latsarmendis dan bela negara ini merupakan moda mendidik rasa cinta tanah air dan rasa nasionalisme yang tinggi dikalangan pelajar sebagai penerus generasi bangsa demi tegak kokohnya NKRI.

"Kegiatan pelatihan ini juga merupakan upaya memberikan bekal pengetahuan untuk membentuk sikap disiplin dan mental yang kuat dalam kepemimpinan yang memadai agar dapat memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan," katanya.

Kepada para peserta, inspektur upacara berpesan agar latihan ini tidak dipandang kegiatan seremonial yang rutin dilaksanakan tapi harus menjadi wahana untuk mempertebal semangat nasionalisme dan patriotisme terhadap bangsa dan negara Indonesia di samping pemberian ilmu akademis.

Pemberian pengetahuan kedisiplinan yang mendalam sangat penting mengenai kedisiplinan diri. "Pertahanan negara bukan hanya peran TNI saja tetapi juga peran seluruh komponen bangsa termasuk para siswa sebagai pemegang tongkat estafet meneruskan perjuangan para pendahulu bangsa," tambahnya.

Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah Imogiri Nur Wahyuntoro mengucapkan terima kasih karena Kodim telah memberikan pengetahuan kedisiplinan dan membentuk sikap disiplin para pelajar.

"Saat ini di kalangan pelajar mulai runtuh kedisiplinannya sehingga kami meminta bantuan kepada TNI dalam pembentukan sikap kedisiplinan secara baik dan benar,” katanya.

Pada kesempatan tersebut ketua penyelenggara Wiranti Prastomo menyampaikan pelatihan bertujuan memberikan bekal kepada siswa pentingnya sikap disiplin sebagai dasar yang harus dimiliki oleh seluruh peserta didik.

Hal ini karena sikap disiplin merupakan dasar dari lancar dan tertibnya semua program dan kegiatan, lebih-lebih dalam dunia usaha dan industri, maupun dalam kehidupan bersama di masyarakat dan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Materi pelatihan dasar mental disiplin meliputi materi baris-berbaris, penyampaian teori dan praktik materi wawasan kebangsaan dan bela negara melalui kegiatan di lapangan. Pelatihan akan diakhiri dengan kegiatan long march seluruh peserta, pelatih dan pendamping dengan menempuh rute perjalanan di wilayah Kecamatan Imogiri.


Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Firli Bahuri Disebut Minta Uang Rp50 Miliar ke SYL

News
| Kamis, 18 April 2024, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement