Advertisement

12 Hari, 60 Maling Digulung

Irwan A Syambudi
Rabu, 18 April 2018 - 14:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
12 Hari, 60 Maling Digulung Sebanyak 60 pelaku pencurian dengan pemberatan (mengenakan penutup wajah) dihadirkan saat jumpa pers di Mapolda DIY, Rabu (18/4 - 2018). Harian Jogja/Irwan A.Syambudi

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Polda DIY menggelar Operasi Pencurian dengan Pemberatan (Curat) Progo selama 12 hari. Hasilnya, sebanyak 60 pelaku curat ditangkap dari seluruh wilayah DIY.

Direktur Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda DIY, Kombes Pol. Hadi Utomo, mengatakan operasi yang dilaksanakan sejak 3 April hingga 16 April 2018 digelar untuk menekan kasus kriminal. "Operasi ini untuk mengungkap dan menekan angka kriminalitas serendah mungkin dalam rangka cipta kondisi menjelang Ramadan," kata Hadi Utomo saat jumpa pers di Mapolda DIY, Rabu (18/4/2018).

Advertisement

Menurut Hadi Utomo, sebanyak 240 personel yang berasal dari Polda DIY, polres dan polresta di DIY diterjunkan dalam operasi ini. Hasilnya ada 41 kasus yang terungkap dengan jumlah tersangka sebanyak 60 orang. Polisi juga menyita berbagi barang bukti alat untuk melakukan kejahatan dan hasil kejahatan seperti mobil, motor, perhiasan, dan barang berharga lainnya.

"Bermacam-macam modus, ada yang bermodus menyatroni rumah kosong, ada pencurian biasa yang dilakukan dengan mengamati korbannya terlebih dahulu, ada pula yang kami tangkap saat sedang beraksi," kata Hadi.

Kabid Humas Polda DIY, AKBP Yuliyanto, mengatakan kasus curat di DIY cukup tinggi. Hasil dari evaluasi selama Operasi Curat Progo, kasus curat meningkat dibanding pekan sebelumnya. Namun berdasarkan indeks kriminal di wilayah Polda DIY, kasus curat masih dibawah kasus narkoba yang menduduki peringkat pertama.

 "Secara umum curat itu berada di posisi kedua, karena dalam pekan ini indeks kriminal tertinggi adalah pengungkapan narkoba. Pekan ini pengungkapan kasus narkoba lumayan banyak," kata Yuliyanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Tetapkan 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah, Bos Maskapai Penerbangan Terlibat

News
| Sabtu, 27 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement