Advertisement

Pedagang Pasar di Jogja Tak Yakin Retribusi Elektronik Berjalan Lancar

Salsabila Annisa Azmi
Kamis, 19 April 2018 - 10:47 WIB
Nina Atmasari
Pedagang Pasar di Jogja Tak Yakin Retribusi Elektronik Berjalan Lancar Suasana di Pasar Beringharjo, Selasa (10/4/2018). - Harian Jogja/Salsabila Annisa Azmi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Dinas Perindustrian dan Perdagangan menargetkan pembayaran retribusi pasar dengan e-money terlaksana di 2018. Uji coba alat akan dilaksanakan Bulan Mei. Meskipun penerapan masih terbatas di beberapa pasar, kebijakan baru ini diprediksi tidak efektif bagi beberapa pedagang.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Jogja Maryustion Tonang mengatakan dalam pembayaran e-retribusi ini, nantinya pedagang pasar tinggal menempelkan e-money di mesin khusus untuk membayar retribusi. "Uji coba mesinnya akan dilaksanakan Bulan Mei, diterapkan dulu di 100 pedagang Beringharjo sisi Barat," kata Tonang, Kamis (19/4/2018).

Advertisement

Tonang menambahkan pasar lainnya akan tetap melakukan pemungutan retribusi secara manual. Sementara itu pedagangnya akan diberi penyuluhan pengetahuan tentang e-money dan perbankan karena tidak semua pedagang pasar mengerti soal e-money.

Seorang pedagang Pasar Klithikan, Muhammad Trisno, mengatakan pesimis terhadap program tersebut. Pasalnya para pedagang di pasar tempatnya berdagang masih berpikir praktis.

"Didatangi saja masih pada malas bayar tepat waktu, apalagi disuruh menempelkan kartu [e-money] sendiri? Kalau saya pribadi tidak yakin [program itu lancar]," kata Trisno.

Berbeda dengan Trisno, Lurah Pasar Gedongkuning Antoni mengatakan mayoritas pedagang di Pasar Gedongkuning selama ini tertib membayar retribusi pasar. Adanya program baru e-retribusi, Antoni mengatakan, tidak akan menjadi masalah. "Intinya kami siap menunggu uji coba," kata Antoni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Tetapkan 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah, Bos Maskapai Penerbangan Terlibat

News
| Sabtu, 27 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement