Advertisement

Ingat! Puasa dan Lebaran Ini Lebih Ketat, Warga Dilarang Bunyikan Petasan

Abdul Hamied Razak
Rabu, 16 Mei 2018 - 22:37 WIB
Nina Atmasari
Ingat! Puasa dan Lebaran Ini Lebih Ketat, Warga Dilarang Bunyikan Petasan Ilustrasi petasan bambu. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Warga dilarang menyalakan petasan selama Ramadan hingga Idulfitri nanti. Satpol PP Jogja akan memperketat pengawasan terkait larangan menyulut petasan tersebut.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jogja Nurwidi Hartana menjelaskan larangan tersebut sebenarnya diterapkan setiap tahun. Hanya saja tahun ini, Satpol PP lebih menekankan pada aspek pengawasan. "Kami akan menguatkan peran Satuan Perlindungan Masyarakat [Satlinmas] untuk melakukan pemantauan," katanya, Rabu (16/5/2018).

Advertisement

Satlinmas yang berada di tiap wilayah diminta untuk membantu mengawasi warga yang masih menyulut petasan selama Ramadan. Keterlibatan linmas tersebut diharapkan mampu mengurangi jumlah warga yang terbiasa menyulut petasan.

"Kalau ada anggota linmas yang berseragam, mereka yang awalnya mau menyulut petasan bisa sungkan," katanya.

Menurutnya ada beberapa  lokasi yang sering digunakan untuk bermain petasan. Selain kawasan Alun-Alun Utara dan Alun-Alun Selatan, petasan juga dinyalakan di beberapa titik persimpangan. Bagi warga yang menjual petasan, Nurwidi mengaku jika pengawasannya kewenangan dari kepolisian.

"Biasanya disulut pagi hari sebelum atau sesudah salat subuh. Banyak juga yang membunyikan usai salat tarawih," katanya.

Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti meminta agar pengurus RT dan RW di wilayah bisa berkoordinasi dengan Babinkamtibmas atau Babinsa untuk selalu menjaga kebersamaan dan keamanan lingkungan. Upaya tersebut dilakukan agar warga bisa tenang menjalankan ibadah puasa.

"Selama Ramadan keamanan dan kenyamanan masyarakat diharapkan tetap terjaga dengan baik," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement