Advertisement

Selama Bulan Ramadan, Pelayanan E-KTP di Jogja Buka Hingga Pukul 14.00

Salsabila Annisa Azmi
Kamis, 17 Mei 2018 - 18:17 WIB
Nina Atmasari
Selama Bulan Ramadan, Pelayanan E-KTP di Jogja Buka Hingga Pukul 14.00 Ilustrasi e-KTP. - Solopos/M. Ferri Setiawan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Selama Bulan Ramadan, Pelayanan perekaman maupun pencetakan kartu tanda penduduk elektronik atau yang biasa disebut E-KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Jogja berlangsung mulai pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB.

Hal ini menyesuaikan jam operasional Aparatur Sipil Negara (ASN).  Jam operasional ini berbeda daripada hari biasanya yang dimulai pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB.

Advertisement

Pihak Disdukcapil Kota Jogja juga menghimbau agar selama ramadan warga aktif menukar Surat Keterangan (suket) ke kecamatan agar penemuan data ganda lebih cepat dilakukan.

Kepala Disdukcapil Kota Jogja Sisruwadi mengatakan saat ini tersisa 1,7% warga Kota Jogja yang belum melakukan perekaman E-KTP. Jumlah tersebut terbilang sedikit.

"Sekitar 5000 orang belum melakukan proses perekaman. Ada yang sudah rekam tetapi masih pada pegang suket, tapi jumlahnya juga tidak banyak," kata Sisruwadi, Kamis (17/5/2018).

Sisruwadi mengatakan para pemegang suket diimbau untuk secepatnya menukar suket dengan E-KTP ke Kecamatan masing-masing. Menurut Sisruwadi, jumlah pemegang suket di Kota Jogja terbilang sudah sangat menurun. Namun permasalahan data ganda sering lama diatasi karena pemegang suket tak kunjung mengurus ke Kecamatan.

"Apabila warga dengan cepat menukar suket ke Kecamatan, jika ada data ganda maka akan ditangani lebih cepat di Disdukcapil Kota Jogja," kata Sisruwadi.

Pelaksana Tugas (Plt) Kecamatan Kraton Widodo Mujiyatna mengatakan saat ini Kecamatan Kraton mengedepankan perekaman langsung. "Artinya tidak lagi menggunakan suket. Langsung cetak saja. Sekarang kan sudah cenderung cepat, semua proses tergantung seberapa aktif warga," kata Widodo.

Widodo mengatakan masih ada pemegang suket di Kecamatan Kraton jumlah pemegang suket di Kecamatan Kraton, namun jumlahnya terbilang sudah sangat menurun. Meskipun begitu, selama bulan Ramadan warga diimbau menukarkan suket ke Kecamatan untuk mempercepat proses pengadaan E KTP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Libur Panjang Kenaikan Yesus Kristus, Operasional KRL Jogja Solo Ditambah Jadi 30 Perjalanan

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement