Advertisement

Kulonprogo Runners Ingin Menjadikan Lari sebagai Gaya Hidup

Nina Atmasari
Sabtu, 19 Mei 2018 - 09:37 WIB
Nina Atmasari
Kulonprogo Runners Ingin Menjadikan Lari sebagai Gaya Hidup Anggota Kulonprogo Runners 1st Anniversary Run pada Minggu (6/5/2018). - Istimewa/Kulonprogo Runners

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO- Kulonprogo Runners (KP Runners) merupakan sebuah komunitas yang menjadi wadah bagi para pecinta lari khususnya di daerah Kulonprogo.

Bersama dengan lima orang teman, Nashiruddin Ahmad Fawzy membentuk komunitas lari yang selaras dengan Indorunners, komunitas lari independen terbesar di Indonesia.

Advertisement

Kulonprogo Runners memulai debutnya pada tanggal 7 Mei 2017. "Pada waktu itu, komunitas ini melakukan kegiatan lari perdananya dengan lima orang personil dan tercetuslah nama “Kulonprogo Runners," kata Fajrian Kurniaristo atau yang akrab disapa Fafa, Wakil Kapten KP Runners, kepads Harian Jogja, baru-baru ini.

Setelah satu tahun berjalan, kini KP Runners berkembang menjadi komunitas lari yang cukup populer di Kulonprogo. KP Runners mempunyai dua agenda rutin setiap minggunya. Agenda pertama yaitu SMR (Sunday Morning Run) atau lari pagi yang dilaksanakan setiap hari Minggu.

Agenda kedua yaitu FNR (Friday Night Run) atau lari malam yang dilaksanakan setiap hari Jumat. Kegiatan lari ini dilakukan di sekitar Alun-Alun Wates dengan jarak kurang lebih 5 km.

Pada Minggu (6/5/2018), KP Runners mengadakan 1st Anniversary Run. Acara tersebut diselenggarakan untuk memperingati ulang tahun KP Runners yang pertama. Acara tersebut dimulai pada pukul 06.00 WIB di salah satu rumah makan tepatnya di kota Wates Kulonprogo dan finish di tempat itu juga.

Sekitar 40 anggota KP Runners ikut berpartisipasi dalam acara tersebut. Acara tersebut diawali dengan berlari sejauh 5km dengan membawa balon untuk memeriahkan acara tersebut juga untuk memperkenalkan KP Runners pada masyarakat Kulonprogo tentang komunitas lari.

Setelah berlari sejauh 5km mengelilingi kota wates yang melewati beberapa landmark salah satunya gedung Taman Budaya Kulonprogo yang baru diresmikan oleh Bupati Kulonprogo, Hasto Wardooyo, acara dilanjutkan dengan prosesi pemotongan tumpeng dan penyerahan secara simbolis oleh perwakilan pengurus KP Runners sebagai rasa syukur atas berbagai pencapaian KPR di taun pertama yang diawali sambutan oleh salah satu pengurus KPR.

"Kemudia acara berlanjut dengan pembagian doorprize dan makan bersama," lanjut Fafa.

Anggota Kulonprogo Runners berharap menjadi komunitas yang besar dan dikenal luas oleh masyarakat serta para penggiat lari sebagai komunitas yang dapat memaksimalkan tujuan tentang perlarian juga memperluas wawasan tentang berbagai macam hal yg berhubungan dengan lari mulai dari program lari, teknik teknik dalam berlari, event event lari, and lain sebagainya.

Selain itu, juga menjadi komunitas yang memberi dampak positif, dapat menyebarkan virus lari dan memberikan dampak kepada masyarakat bahwa olahraga itu menyenangkan. "Olahraga itu memberi semangat untuk hidup sehat dan kami ingin menjadikan olahraga sebagai gaya hidup," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement