Advertisement

Wow, Semua Objek Wisata di Bantul Akan Dilengkapi Toilet Berkelas Internasional

Ujang Hasanudin
Rabu, 23 Mei 2018 - 11:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Wow, Semua Objek Wisata di Bantul Akan Dilengkapi Toilet Berkelas Internasional Pantai Parangtritis, Bantul. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Dinas Pariwisata Bantul berencana melengkapi semua objek wisata dengan toilet berkelas internasional. Rencana tersebut sebagai salah satu upaya menggaet wisatawan mancanegara berlibur di Bantul.

Jumlah wisatawan yang datang ke Bantul tahun lalu mencapai sekitar 3,7 jutaan. Namun sebagian besar adalah wisatawan nusantara. "Salah satu penyebab wisatawan asing belum tertarik berlibur ke Bantul karena memang sarana dan prasarananya belum mendukung," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo di kantornya, Selasa (22/5/2018).

Advertisement

Kwintarto mengatakan toilet merupakan salah satu fasilitas di luar retribusi objek wisata yang bisa dimanfaatkan wisatawan selama berwisata, selain tempat parkir dan tempat istirahat. Semestinya fasilitas itu, kata dia, gratis untuk wisatawan.

Namun, saat ini Kwintarto tidak menampik kondisi toilet di hampir semua objek wisata kondisinya belum layak, bahkan hampir semuanya berbayar. Padahal, toilet menjadi salah satu kebutuhan bagi wisatawan. "Meski pun tidak terlalu mewah paling tidak mendekati standar internasional dari sisi kebersihannya, rapih dan ramah difabel. Seperti yang sudah dibangun di Giriloyo, Imogiri," kata dia.

Tahun ini, rencananya toilet berkelas internasional mulai dirintis di kawasan wisata pantai, salah satunya di sekitar Museum Gumuk Pasir. Tahun depan rencananya di Parangkusumo. Kemudian objek wisata lainnya menyusul secara bertahap karena membangun toilet modern membutuhkan anggaran yang cukup besar.

Namun Kwintarto tidak hafal kebutuhan anggaran setiap pembuatan toilet di masing-masing objek wisata. Dikatakan dia, pembangunan toilet modern tidak memungkinkan menggunakan anggaran dari pendapatan asli daerah (PAD) yang terbatas. Pihaknya akan mengandalkan dana alokasi khusus (DAK) dari Pemerintah Pusat dan dana keistimewaan (danais).

Ia menyatakan dalam dua tahun ke depan fasilitas toilet berkelas internasional harus terwujud di semua objek wisata di Bantul, terutama objek wisata di kawasan pesisir selatan. Mengingat jalur selatan akan dilintasi banyak wisatawan mancanegara seiring adanya bandara baru di Kulonprogo yang direncanakan mulai beroperasi pada 2019 mendatang.

Ia tidak ingin ketika bandara baru beroperasi, kawasan Bantul hanya menjadi lokasi perlintasan wisatawan dengan alasan fasilitasnya kurang mendukung. "Mana mungkin wisatawan asing mau mampir kalau fasilitasnya tidak ada. Maka dari sekarang objek wisata harus mulai melengkapi fasilitas," ujar Kwintarto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement