Advertisement

Duh, Ratusan Nelayan Gunungkidul Belum Terdaftar Asuransi Keselamatan Kerja

Jalu Rahman Dewantara
Sabtu, 26 Mei 2018 - 06:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Duh, Ratusan Nelayan Gunungkidul Belum Terdaftar Asuransi Keselamatan Kerja Ilustrasi nelayan Gunungkidul. - Bisnis Indonesia/Rachman

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Ratusan nelayan pantai selatan khususnya di wilayah Kabupaten Gunungkidul belum terdaftar sebagai peserta asuransi jaminan keselamatan kerja.

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) wilayah Gunungkidul Rujimantoro mengungkapkan, hingga kini pemerintah belum mampu menyasar program asuransi keselamatan kerja kepada seluruh nelayan di Bumi Handayani. Dia mengatakan, nelayan di sisi barat pantai selatan Gunungkidul masih belum terdaftar.

Advertisement

"Memang belum mampu meng-cover keseluruhan nelayan. Padahal asuransi keselamatan ini perlu, mengingat tingginya risiko kerja nelayan yang tinggi," ujarnya, Jumat, (25/5/2018).

Sosialisasi ke kelompok nelayan perlu dilakukan, sebab menurutnya sebagian nelayan masih bingung untuk mengurus tata cara mendaftar asuransi. Selain itu sebagian nelayan dinilai malas untuk mendaftar asuransi tersebut.

"Gencarkan penyuluhan, jika perlu ada jemput bola ke sini," katanya.

Ke depan nelayan yang belum terdaftar di asuransi itu bisa segera diusulkan agar cepat dapat. "Kami memohon kepada DKP agar segera mengusulkan kekurangan ini kepada Kementerian Perikanan dan Kelautan," ujar Rujimantoro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement