Advertisement

Walah, Parkir Mobil di Depan Gembira Loka Ditarik Rp30.000!

I Ketut Sawitra Mustika
Minggu, 17 Juni 2018 - 20:17 WIB
Nina Atmasari
Walah, Parkir Mobil di Depan Gembira Loka Ditarik Rp30.000! Wisatawan di Gembiraloka Zoo. - Harian Jogja/ I Ketut Sawitra Mustika

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-- Nuthuk alias menaikkan tarif secara tidak wajar saat libur panjang dan menjamurnya parkir liar di Kota Jogja terus berlanjut. Kasus terbaru terjadi di sekitar Gembira Loka Zoo. Wisatawan dibuat tak nyaman dengan harga parkir yang mencekik.

Ibrahim, wisatawan asal Klaten, menuturkan, saat hendak memarkir mobil ke tempat parkir resmi, di tengah jalan seseorang menyuruhnya parkir di tanah petak yang berlokasi di depan Gembira Loka Zoo, sebab untuk memutar jalan tidak diperbolehkan.

Advertisement

Ia mengikuti saja arahan orang tersebut, sebab di tengah jalan memang di pasang pagar pembatas. Ibrahim datang dari arah barat. Sehingga untuk menuju tempat parkir resmi milik Gembira Loka Zoo, ia mesti memutar. Padahal pagar pembatas ini tidak membentang jauh. Dari pintu gerbang Gembira Loka Zoo, sekitar beberapa ratus meter, kendaraan sudah bisa memutar.

"Saya parkir di dekat halte [Trans Jogja. Saya bayarnya Rp30.000 dan tukang parkirnya enggak ngasi kertas parkir sama sekali," jelas Ibrahim ketika ditemui Minggu (17/6/2018).

Dengan tarif parkir sebesar Rp30.000, ia mengaku kecewa. Menurutnya itu terlalu mahal. Sebagai perbandingan, untuk tarif parkir resmi milik Gembira Loka Zoo sendiri hanya sebesar Rp5.000.

"Saya terpaksa bayar karena sudah terlanjur parkir. Tadi katanya enggak bisa muter. Tempat parkir lain juga dibilang penuh. Saya terus terang merasa kecewa sih," tuturnya.

Target Operasi

Dinas Perhubungan Kota Jogja sedari awal memang sudah membidik juru parkir nakal di sekitaran kebun binatang itu sebagai 'target operasi'.

Kepala Bidang Perparkiran Dinas Perhubungan Kota Jogja Imanuddin Aziz mengatakan, tempat parkir yang berada di sekitaran Gembira Loka Zoo merupakan salah satu titik yang menjadi fokus utama Pemerintah Kota Jogja selama H+ Lebaran 2018.

"Jadi gawenya Pemkot pada H+ Lebaran ya di Gembira Loka itu. Kami memang fokus melakukan penindakan. Tidak lagi hanya pengawasan dan pembinaan, karena kami sudah awali pada Natal dan Tahun Baru lalu. Saat itu ada seorang juru parkir yang di-tipiring [tindak pidana ringan]," jelas Aziz melalui sambungan telepon, Minggu (17/6/2018).

Ia menyatakan, pada Minggu siang, Dinas Perhubungan Kota Jogja sudah melakukan pembinaan dan pengawasan parkir di area Gembira Loka Zoo. Rencananya, penindakan dilakukan pada malam ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada Minggu (17/6/2018), kembali terjadi nuthuk parkir. Seorang wisatawan asal Klaten bernama Ibrahim mengaku kecewa karena ia harus mengeluarkan uang sebanyak Rp30.000 untuk biaya parkir mobilnya. Menurutnya, harga tersebut terlampau mahal.

"Sebelum Lebaran, kami sudah ketemu pihak kecamatan, kelurahan, RW dan RT supaya jangan seperti itu [nuthuk]. Karena rata-rata pelakunya adalah warga sekitar situ. Kami sampaikan 'tolonglah demi Kota Jogja dan Gembira Loka'. Kalau tetap seperti itu, ya kami tipiring," ungkap Aziz.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement